Jangan Melepas Sepatu saat Pesawat Lepas Landas

Ilustrasi telanjang kaki di kabin pesawat. - Alamy
13 April 2018 00:25 WIB Nugroho Nurcahyo Wisata Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Anda yang sering melakukan perjalanan dengan pesawat terbang perlu mengetahui beberapa hal yang dilarang dilakukan sebelum pesawat lepas landas. Salah satu di antaranya adalah melepas sepatu.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, ketika lepas landas atau mendarat, ada kemungkinan pesawat mengalami masalah. Terutama tiga menit setelah lepas landas atau delapan menit sebelum mendarat.

Pada momen-momen tersebut, disarankan sebaiknya penumpang jangan melepas sepatu. Sebab, jika tiba-tiba pesawat yang ditumpangi mendapat masalah, maka akan memakan waktu untuk memakai sepatu sebelum menyelamatkan diri. Dengan telanjang kaki, jika kondisi mengharuskan evakuasi maka kaki yang terekspos akan berisiko terluka lebih besar.

“Namun ada waktu tepat untuk melepas sepatu. Penumpang dapat melepas sepatu setelah pesawat lepas landas, tapi harus memakainya kembali setidaknya delapan menit sebelum mendarat,” jelas seorang pilot Patrick Smith.

Disarankan pula kepada para perempuan menghindari penggunaan sepatu berhak tinggi saat naik pesawat. Lebih baik gunakan jenis sepatu yang membuat leluasa bergerak dalam keadaan darurat.

“Memakai sepatu hak tinggi mempersulit perempuan menyelamatkan diri saat kondisi darurat,” kata pilot yang juga penulis Cockpit Secret itu.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia