Naik Pesawat dengan Seluruh Bagasi di Kabin Penumpang? Airbus Segera Mewujudkannya

Kabin Airbus A330 yang bisa memuat penumpang sekaligus seluruh bagasi bakal diluncurkan pada 2020. - ist/Airbus
13 April 2018 10:35 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, LONDON—Sering kesal menunggu bagasi ketika turun dari pesawat? Kopor retak, tertukar, bagasi ketinggalan, sebentar lagi masalah itu akan diatasi oleh Airbus, produsen pembuatan pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Prancis.

Konsorsium perusahaan penerbangan yang didirikan pada 1970 ini, segera merilis Cargo Decks pada 2020. Airbus mengumumkan bagasi penumpang pesawat berbadan lebar itu akan memungkinkan seluruhnya diletakkan di dalam kabin penumpang. Mereka merancang pesawat A330 dengan bentuk kursi penumpang berupa tempat tidur.

A330 akan mulai dibuat dua tahun ke depan dan direncanakan mengudara pada 2020. Perusahaan pesawat ini mengklaim kargo di kabin atau kargo di bagian bawah pesawat tidak akan berdampak apa-apa pada penataan barang, karena tempatnya dirancang mengamankan bawaan penumpang.

Dalam gambar yang dirilis Airbus, selain tempat tidur dan tempat barang, kabin penumpang juga dilengkapi ruang keluarga, pusat kesehatan dan ruang duduk (lounges)

Christophe Bernardini, Chief Executive Officer dari Zodiac Aerospace Cabin Branch mengatakan bakal senang bekerja sama dengan Airbus untuk mewujudkan kabin impian penumpang itu. “Ini adalah proyek baru yang inovatif, yang kelak mewujudkan pengalaman baru penumpang menaiki pesawat terbang,” ujarnya seperti dikutip Dailymail, 10 April 2018.

Geoff Pinner, Head of Airbus Cabin & Cargo Programme mengatakan rancangan untuk penerbangan komersial ini adalah langkah agar penumpang lebih nyaman. “Kami telah menerima masukan positif dari beberapa perusahaan penerbangan pada rancangan pertama ini,” ujarnya.

Pinner menambahkan Airbus menggandeng Zodiac Aerospace dalam proyek ini, yang akan mengenalkan pengalaman baru kepada penumpang pesawat.