Keindahan Blue Lagoon Berkolaborasi dengan Kekayaan Budaya

Sejumlah warga Dusun Dalam, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak mengikuti kirab seni dan budaya saat upacara merti sumber Blue Lagoon, Jumat (11/5/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi
11 Mei 2018 23:50 WIB Irwan A Syambudi Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Dusun Dalam, Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak menyelenggarakan merti sumber Blue Lagoon sebagai salah satu wujud pelestarian budaya. Hal ini turut diapresiasi oleh Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY agar kegiatan tersebut dapat dijadikan daya tarik wisata.

Kepala Seksi Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinpar DIY, Wardoyo mengatakan Dusun Dalam sejatinya memiliki potensi wisata yang tinggi. Selain sudah ada sumber mata air Blue Lagoon menjadi daya tarik wisata tersendiri, di dusun tersebut juga setiap tahunnya ada merti sumber yang menampilkan ciri khas budaya lokal.

Untuk itu pihaknya pun mendorong, agar kedua potensi tersebut baik potensi budaya ataupun alam dapat lebih dikembangkan berpadu untuk menjadi daya tarik wisata. "Kegiatan ini [merti dusun] sebagai upaya mendorong kekuatan potensi budaya menjadi kekuatan daya tarik wisata," kata dia kepada Harianjogja.com, Jumat (11/5/2018).

Dengan demikian, Dusun Dalem nantinya dapat memiliki kemandirian dan memiliki nilai jual. Sehingga hal itu nantinya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Mereka dapat membuka usaha di bidang pariwisata.

Sementara itu Ketua Panitia Merti Sumber Blue Lagoon, Suhadi mengatakan acara merti sumber sudah diadakan selama tiga kali. Acara adat diadakan setiap tanggal 25 ruwah, sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Sebelum diadakan acara adat merti sumber, terlebih dahulu digelar acara festival seni dan budaya selama dua pekan.

Pada puncak acara merti dusun dilakukan kirab budaya. "Pukul 13.00 WIB dimulai ziarah, pukul 14.00 kirab seni buaya, dan pukul 15.00 acara ritual dimulai," kata dia.

Suhadi mengatakan merti sumber adalah sebagai wujud syukur terhadap Tuhan. Pasalnya sumber mata air Blue Lagoon telah memberikan manfaat bagi warga. Selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, di sumber tersebut juga telah mendatangkan sejumlah wisatawan yang turut mendongkrak perekonomian warga.