Advertisement

Sensasi Menikmati Soto Pites Mbah Galak di Pasar Beringharjo Jogja

Maya Arina Pramudita
Rabu, 06 Juni 2018 - 10:35 WIB
Maya Herawati
Sensasi Menikmati Soto Pites Mbah Galak di Pasar Beringharjo Jogja Soto Pites Mbah Galak di Pasar Beringharjo - Harian Jogja/Maya Arina Pramudita

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Soto adalah salah satu kuliner yang sering disantap saat pagi hari. Salah satu warung soto yang terkenal adalah Soto Pites yang telah ada sejak 1950-an. Bertahan selama lebih dari enam dekade, Soto Pites saat ini dikelola oleh generasi ketiga Mbah Galak.

Bertempat di area lantai dasar Pasar Beringharjo Timur, warung soto ini tidak pernah sepi pembeli. Soto Pites buka sejak pagi hari dan tutup sampai habis. Meski warung soto ini hanya menempati lapak sederhana namun cita rasa yang dihadirkan mampu membuat pengunjung selalu datang kembali untuk menikmati Soto Pites.

Advertisement

“Kami menyediakan Soto Pites dengan pilihan soto ayam dan soto sapi, kemudian yang menjadi keunikan warung ini adalah minuman berupa es kolang-kaling,” terang Hariyadi dan Eni Subekti pemilik Soto Pites Mbah Galak, belum lama ini.

Semangkuk soto pites berisikan nasi, kecambah, seledri dan potongan daging sapi atau daging ayam dilengkapi dengan kuah soto kaya rempah berwarna kuning kecokelatan. Di pinggir mangkuk terdapat pitesan (pencetan) cabai pedas yang menambah kenikmatan semangkuk soto tersebut.

Adanya cabai pites itulah yang membuat soto ini eksis dengan nama Soto Pites. Jumlah cabai yang digunakan mengikuti permintaan pembeli. “Kalau di sini sotonya tidak pakai sambal karena rasa pedas didapat dari cabai yang dipites di dalam mangkok,” kata Eni.

Terkenal Galak

Eni menjelaskan bahwa nama Mbah Galak merupakan julukan yang diberikan oleh pembeli karena sejak dulu penjual soto ini dianggap galak. “Penjual soto ini sebenarnya bernama Mbah Sutri, orangnya memiliki kesan judes sehingga sering disebut Mbah Galak,” kenang Eni sambil tertawa.

Sebelum diwariskan pada Mbah Sutri, Soto Pites dikelola oleh Mbah Harjo yang juga dikenal galak oleh para pembeli. Dengan image galak yang dimiliki warung ini memiliki ciri khas dan brand yang selalu diingat oleh pembeli dari masa ke masa. Tak jarang saat berkunjung ke Soto Pites pengunjung akan menemui para pelanggan setia yang selalu datang ke warung untuk merasakan cita rasa khas Soto Pites.

Memiliki tagline Galak Sotone, Suegerrr Wedange satu porsi soto disajikan dalam porsi sedang. Porsi ini telah turun-temurun dikenal masyarakat karena membuat perut kenyang namun tidak berlebihan. Satu porsi soto biasanya dijual dengan harga Rp9.000.

Pengunjung dapat menambahkan peyek maupun kerupuk yang masih disimpan dalam topeles model kuno. Untuk aneka minuman, harganya cukup variatif mulai dari Rp3.000 per gelasnya. Setiap hari, Soto Pites Mbah Galak dapat menjual kurang lebih 100 porsi soto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Stres Memicu Sakit Punggung, Ini Penjelasannya

Lifestyle
| Jum'at, 19 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement