WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Prambanan, Daftar Wisata Lawas yang Masih Favorit

Peserta Mandiri Yogya Marathon 2018 melintas di kawasan Candi Prambanan, Minggu (15/4 - 2018).Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat
14 Juni 2018 21:05 WIB Fahmi Ahmad Burhan Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—DIY punya banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi saat liburan Lebaran kali ini. Di Dusun Kranggan, Desa Bokoharjo, Prambanan, berdiri megah sebuah candi yang masyhur dan melegenda. Tak asing bagi wisatawan, objek wisata ini menjadi favorit dan sasaran serbuan para pelancong.

Sebenarnya tren sekarang itu, tidak hanya di Candi Prambanan saja yang ramai, candi lain juga mulai banyak dikunjungi, tapi Candi Prambanan memang tetap banyak kunjungannya,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sleman Eka Priastana Putra.

Tak perlu banyak deskripsi tentang Candi Prambanan, candi Hindu terbesar di Indonesia yang sudah sangat terkenal ini. Akses jalan yang mudah, fasilitas, sarana prasarana yang sudah matang membuat objek wisata ini bisa dikunjungi sampai puluhan ribu orang di Lebaran. Tahun lalu, dalam satu hari di libur Lebaran, jumlah pengunjung bisa mencapai 25.000.

 

Pesona Candi Prambanan di malam hari. (Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

 

 

Pesona Candi Prambanan di malam hari saat disorot cahaya biru. (Harian Jogja/Desi Suryanto)

 

 Apabila Anda ingin berkunjung ke Candi Prambanan, dari Bandara Adisucipto jaraknya sekitar delapan kilometer saja menuju arah timur lewat Jalan Raya Solo-Jogja. Tiket masuk ke Candi Prambanan dewasa sebesar Rp40.000 dan anak-anak Rp20.000.

 

Umat Hindu berjalan dalam prosesi pradaksina atau berjalan mengitari Candi Prambanan sebagai bagian dari rangkaian perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di Sleman, Senin (27/3/2017). (Harian Jogja/Gigih M Hanafi)  

RINGKASAN Candi Prambanan

-Candi Hindu terbesar di Indonesia yang selalu ramai tiap musim liburan;

-8 Kilometer dari Pusat Kota Jogja;

-Jalur yang paling mudah untuk mencapainya yakni melalui jalan raya Jogja-Solo.