Advertisement

WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Nglinggo, Tempat Asyik Menikmati Matahari Terbit

Beny Prasetya
Kamis, 14 Juni 2018 - 17:04 WIB
Nugroho Nurcahyo
WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Nglinggo, Tempat Asyik Menikmati Matahari Terbit Wisatawan menikmati panorama di Desa Wisata Nglinggo yang berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo. - IG @bernadettakrizma

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DIY punya segudang objek wisata menarik untuk dikunjungi saat liburan Lebaran kali ini. Wisata di Jogja bukan hanya seputaran kota seperti Malioboro saja. Desa Wisata Nglinggo yang berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, layak dijajal pada liburan Lebaran 2018 kali ini.

Suasana sejuk dan pemandangan perkebunan teh yang akan memanjakan mata ditawarkan oleh objek wisata ini. Nglinggo berada wilayah tertinggi di Perbukitan Menoreh.

Advertisement

Sebagai desa wisata terbaik, se-DIY 2018, Nglinggo menawarkan panorama kebun teh sebagai sajian utamanya. Selain itu pemandangan wilayah Magelang dan Purworejo juga ada di beberapa bukit yang berada di desa ini.

Lebih apik lagi bila kita mendatangi Kebun Teh Nglinggo di pagi hari. Jika tidak terhalang kabut atau mendung, kita dapat menyaksikan Matahari timbul di ufuk Timur dengan latar Gunung Merapi Merbabu seperti lukisan masa kanak-kanak terpacak di sisi Timur Laut horison. Ditemani udara pagi yang sejuk tentu pengalaman ini bakal lebih menyegarkan.

 

Menikmati suasana sunrise dari Bukit Nglinggo menawarkan pengalaman tersendiri. (IG @firzandchandra)

 

Pesona kebun teh di ketinggian Pegunungan Menoreh di Dusun Nglinggo. (IG @adi.kriting)

Kendati berada di dataran tinggi, desa wisata ini gampang dijangkau menggunakan taksi konvensional serta taksi online. Jalan menuju Nglinggo telah diperbaiki dengan program Bedah Menoreh. Bila berangkat menggunakan taksi online dari Wates, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp160.000.

Toilet, warung makan, hingga guest house yang representatif bagi wisatawan, tersedia di sini. Fasilitas lain adalah jip offroad untuk pegunungan dan wisata edukasi penanaman teh, cengkih, dan kopi.

Lantaran berada di kawasan wisata Nglinggo-Tritis, Anda juga bisa pergi ke Puncak Bukit Widosari yang berada di Dusun Tritis. Ketika memasuki wilayah Tritis, pengunjung tidak perlu membayar lagi karena telah masuk dalam satu tiket retribusi yang sama.

Puncak Widosari yang berada di Desa Wisata Triris baru selesai dibangun awal tahun ini dan memiliki panorama yang apik. Kita dapat melihat Gunung Merapi-Merbabu di sebelah Timur Laut sampai pesona alam Purworejo tanpa terputus.

 

 RINGKASAN Desa Wisata Nglinggo (Samigaluh, Kulonprogo)

-Perkebunan teh yang menyegarkan mata;
-Pemandangan wilayah Magelang dan Purworejo dari bukit;
-Berjarak 36 Kilometer dari pusat Kota Jogja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement