WISATA LEBARAN 2018 DI JOGJA: Menikmati Matahari Terbit dan Tenggelam dari Tebing Berpahat

wisatawan berfoto dengan latar pahatan figur wayang di Tebing Breksi di Prambanan. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
14 Juni 2018 18:05 WIB Fahmi Ahmad Burhan Wisata Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—DIY punya banyak objek wisata menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran pekan depan. Harian Jogja membuat daftar lokasi jalan-jalan terbaik untuk mengisi liburan Idulfitri Anda di Jogja. Kriteria yang kami susun berdasarkan keindahan, kenyamanan, kebersihan, dan kemudahan akses.

Tebing Breksi di Prambanan, Sleman, masuk dalam daftar rekomendasi kami. Objek wisata ini baru terkenal dua tahun belakangan.

Tebing Breksi menawarkan pesona alam berjuluk wisata geologi. Batuan kapur dipahat dengan berbagai bentuk figur. Indahnya Matahari terbit maupun terbenam menjadi sasaran utama para pelancong.

“Di sini, malam pun indah, nyala lampu terlihat dari kejauhan,” kata Ketua Pengelola Taman Tebing Breksi Kholiq Widianto, Sabtu (9/6).

Jalan menuju Taman Tebing Breksi cukup menanjak. Bagi yang tidak terbiasa menyetir di tanjakan, sebaiknya urungkan niat menyetir sendiri. Apalagi jika jalan sedang macet menuju ke objek wisata, kemampuan mengatur persneling yang tepat menjadi suatu keharusan. Jika belum begitu mumpuni membawa kendaraan, kami menyarankan cari sopir yang sudah pengalaman untuk menggantikan Anda.

Akses menuju Tebing Breksi cukup gampang. Jika Anda dari arah Barat menuju Candi Prambanan, di pertigaan Pasar Prambanan, belok kanan menuju arah Piyungan, tiga kilometer dari Candi Prambanan Anda sudah sampai di Taman Tebing Breksi. Menyusuri Jalan Candi Ijo, jalan baru menanjak, tetapi halus.

“Banyak orang menikmati Tebing Breksi karena alamnya, juga sebagai objek foto,” ujar Kholiq.

IG @jong_catur

Sebanyak 70 jip siap dijajal dan mengantarkan wisatawan mengelilingi objek wisata lainnya di sekitaran Taman Tebing Breksi. “Pengunjung bisa ke Candi Ijo, Candi Plaosan, Candi Banyunibo, dengan harga yang bervariasi tergantung rutenya,” jelas Kholiq.

Saat ini, masuk Tebing Breksi masih gratis. Wisatawan hanya perlu membayar ongkos parkir. Namun apabila ingin menjajal jip, pengunjung harus merogoh kocek Rp300.000 sampai Rp500.000 tergantung rute yang akan dilewati.

Adplus Tokopedia