Advertisement

Menikmati Bakso Tusuk di Warung Bu Sainah di Bantul

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 17 Juni 2018 - 14:35 WIB
Maya Herawati
Menikmati Bakso Tusuk di Warung Bu Sainah di Bantul Warung Bakso Tusuk Bu Sainah - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ada banyak cara untuk menikmati bakso. Selain disendok, bakso juga bisa ditusuk. Cara memasaknya pun juga tidak hanya direbus, tetapi juga bisa digoreng atau dibakar.

Di Bantul, ada bakso yang bisa dinikmati dengan ditusuk yaitu Bakso Tusuk Bu Sainah. Salah satu warungnya beralamat di Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul. Dinamakan bakso tusuk karena cara menyantapnya harus ditusuk menggunakan garpu atau tusuk dari bambu.

Advertisement

Bakso Tusuk Bu Sainah dihidangkan dalam sebuah mangkuk. Pembeli bisa memesan berapapun jumlahnya karena butiran bakso tidak terlalu besar. Harganya juga cukup ramah di kantong yaitu hanya Rp500 per butir. Pembeli bisa memesan bakso rebus, bakso goreng, tahu bakso, bakso bakar, atau bakso campur. Bakso campur berisi bakso rebus dan bakso goreng.

Kendati harganya sangat terjangkau, kualitas rasa Bakso Tusuk Bu Sainah tetap tak kalah dengan bakso urat yang harganya di atas Rp10.000. Rasa daging sapinya terasa. Terlebih bakso gorengnya, memiliki tekstur yang lembut dan renyah. Makanan ini cocok jadi camilan berbuka puasa.

Cara penyajiannya cukup sederhana. Bakso dimasukkan dalam mangkuk kemudian dihidangkan bersama saus sambal dan kecap. Mengingat harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat, makanan ini bisa dinikmati semua kalangan usia.

Bisnis bakso tusuk ini dimiliki seorang perempuan Bantul bernama Sainah. Pada 2007 ia menjual bakso tusuk dengan berkeliling. Namun setelah membuka warung dan banyak pembeli yang berdatangan, akhirnya ia menghentikan jualan keliling. Sainah memilih mempekerjakan beberapa karyawan untuk menjaga warung miliknya.

Warung Bakso Tusuk Bu Sainah Pusat beralamat di Jalan Siluk Imogiri RT 04, Dusun Miri, Siriharjo, Imogiri, Bantul. Sampai saat ini, bisnis ini sudah menyebar di lima cabang yaitu dua di daerah Sewon, Bantul; satu di Ganjuran, Bambanglipuro, Bantul; satu di Mrican, Depok, Sleman; dan satu lagi di kawasan kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Jalan Kaliurang.

Bakso Tusuk Bu Sainah juga menyediakan beragam minuman antara lain teh panas, es teh, jeruk panas, es jeruk, dan juga soda gembira. Warungnya dibuka pagi sampai malam hari. Di cabang Ganjuran, Bakso Tusuk Bu Sainah buka pada pukul 9.30-20.00 WIB. Saat masa Ramadan buka jam 10.30-19.00 WIB.

Warung bakso juga menyediakan tempat duduk yang nyaman. Bahkan pengunjung juga dapat menikmati bakso dengan duduk lesehan di gazebo yang sudah disediakan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Imunisasi Serentak IBI DIY untuk Memperluas Cakupan

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement