Advertisement

Menikmati Alam di Danau Bungara

Newswire
Minggu, 17 Juni 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Menikmati Alam di Danau Bungara Danau Bungara/ist

Advertisement

Harianjogja.com, ACEH SINGKIL—Danau Bungara menampilkan pemandangan alam yang asri. Tempat wisata ini masih jarang dikungjungi wisatawan. Bakal jadi tempat wisata andalan Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Kawasan Danau Bungara, Kecamatan Kutabaharu, yang terletak paling ujung timur Kabupaten Aceh Singkil berpotensi untuk dijadikan objek wisata Danau Laut Tawar, sehingga menjadi andalan daerah tersebut.

Advertisement

Danau Bungara yang masih sangat asri dan kaya akan sejumlah ikan laut itu kini menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Selain untuk wisata, juga menjadi kawasan mata pencaharian warga nelayan kecil, karena danau seluas kurang lebih 85,6 hektare ini dihuni berbagai macam ikan tawar jenis gabus, gurami, nila, paitan dan baung, bahkan ikan laut dari berbagai jenis (spesies) juga terkadang pindah ke danau ini.

Bahkan, kata penduduk setempat sebuah perahu nelayan yang pernah tenggelam di Danau Bungara, bangkai kapalnya ditemukan di anak laut Singkil Utara.

Danau ini mempunyai keunikan tersendiri, karena mempunyai tiga pulau kecil yakni Pulau Mangga, Pulau Nenas dan Pulau Cumpeudak (Nangka Hutan).

"Di antara pulau itu, salah satu pulaunya yang bernama Pulau Mangga bergerak-gerak alias berpindah-pindah, karena diduga daratannya tidak sampai ke dasar air," ujar Camat Kutabaharu, Sofyan belum lama ini.

Danau ini juga aman damai, belum pernah sekalipun warga atau nelayan yang diterkam buaya. Sewaktu wartawan berjalan-jalan menggitari danau di temani Camat Kutabaharu dan warga setempat, keindahan danau ini masih tampak alami, angin sore yang berhembus sepoi-sepoi membuyarkan lamunan tatkala lalai menyaksikan keindahan alamnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement