Asyik dengan Gemericik Air di Kedung Pringtali

Sejumlah warga sedang mengisi waktu luang dengan berwisata di Kedung Banteng, Pringtali, Girimulyo, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Uli Febriarni)
14 Juli 2018 17:37 WIB Uli Febriarni Wisata Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Girimulyo dikenal sebagai salah satu wilayah Kulonprogo yang kaya dengan kedung atau kolam air. Misalnya saja Kedung Banteng yang satu ini, yang tepat berada di Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Bila memulai perjalanan dari Kenteng, Nanggulan, kedung ini berada di jalur yang sama bila Anda akan menuju ke Kedung Pedut. Tapi sebelum menanjak, anda akan menemukan sebuah persimpangan kecil yang diikuti dengan sebuah plang bertuliskan SD Pringtali.

Ketika sampai di sini, Anda tak perlu ragu, ambil jalan yang menunjukkan arah ke SD tersebut. Ikuti jalan, tak jauh dari sana Anda akan menemukan gapura jalan bertuliskan keterangan selamat datang ke Wisata Pringtali. Teruskan perjalanan. Kejutan tiba di hadapan anda, kala sampai di atas jembatan dan menengok ke sebelah kiri.

Betapa tidak, gemericik air dan kolam-kolam yang berisikan air bening memanjakan mata. Sedangkan di kanan kirinya terdapat pemandangan pepohonan khas menoreh yang hijau nan menyegarkan.

Beberapa orang terlihat asyik bermain dengan kecipak air, yang lain dengan santainya berenang, di sudut kolam yang ukurannya lebih kecil, anak-anak tertawa riang sembari memainkan ban yang membantu mereka tetap mengambang.

Ingin pamer pengalaman berwisata di kedung ini? Kalau berlatar belakang air dan pepohonan hijau, tentunya sudah biasa. Namun, wisatawan bisa memilih latar belakang yang berbeda. Kalau ingin nuansa ala wisata air ekstrem, bisa berfoto membelakangi bebatuan besar di ujung kolam.

Bila ingin tampilan lebih unik lagi, sederetan lekuk pilar jembatan ala saluran irigasi masa kolonial siap menjadi latar belakang koleksi foto wisatawan.

"Kedalaman air yang ada di kolam-kolam di kedung ini berbeda-beda, selain itu menyesuaikan usia wisatawan. Bagi anak-anak ada kolam yang lebih dangkal," ujar pengelola Kedung Banteng, Sumarwan, belum lama ini.

Pengunjung yang belum memiliki kemampuan berenang baik, tidak perlu khawatir. Pengelola menyediakan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung dan helm. Peralatan keselamatan tersebut juga tersedia ukuran anak.

Salah seorang pengunjung, Lia Yulina mengaku terpukau dengan pemandangan dan suasana di Kedung Banteng, Pringtali tersebut. Selain pemandangan alam asri masih terjaga, air kedung terasa sejuk, bersih dan belum tercemar.

"Jadi kedungnya ini seperti punya daya tarik tersendiri. Awalnya saya tahu dari Facebook," ujarnya.