Advertisement

Liburan, Saatnya Melatih Anak-Anak Menjajal Makanan Baru

newswire
Kamis, 02 Agustus 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Liburan, Saatnya Melatih Anak-Anak Menjajal Makanan Baru Ilustrasi anak makan - ist/Medicaldaily

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anak-anak biasanya sulit makan dan pilih-pilih.  Namun dalam kondisi nyaman, santai, dan bahagia, biasanya mereka bisa dibujuk. Momen yang tepat adalah ketika liburan. Jadi agenda liburan Anda harus memasukkan latihan makan makanan baru bagi anak-anak.

Simak kiat-kiat membujuk mereka agar mau mencoba berbagai jenis makanan. Berikut ini kiatnya seperti dilansir Thekitchen belum lama ini.

Advertisement

Berbelanja di Pasar Lokal

Alih-alih hanya berbelanja di supermarket atau mal besar, saat berlibur sekeluarga coba ajak anak untuk berbelanja bersama di pasar lokal. Di pasar tradisional biasanya para pedagang banyak yang menawarkan sampel gratis untuk dicoba, nah dengan cara ini Anda bisa mendorong dan menyemangati anak untuk mau mencoba berbagai sampel produk makanan tersebut. Bisa juga dengan cara memberikan uang secukupnya pada anak dan beri kesempatan pada anak untuk coba berbelanja sendiri di pasar, mulai dari membeli sayuran, buah-buahan, hingga kudapan ringan.

Berbaur dengan Masyarakat Setempat

Berbaur di sini maksudnya adalah membaur dengan masyarakat lokal. Coba cari tahu acara seputar makanan di kota setempat, bazaar atau sejenisnya yang banyak menjajakan makanan lokal khas setempat. Dengan cara ini bisa jadi wadah untuk anak yang picky eater untuk mencoba berbagai makanan lain dengan cara dan suasana yang lebih menyenangkan.

Mencoba Restoran Baru

Salah satu agenda paling menyenangkan saat berlibur, apalagi kalau bukan wisata kuliner menjajal berbagai tempat makan atau restoran baru di kota setempat. Ajak anak untuk bersantap di luar mencoba restoran lokal baru, dan setibanya di sana abaikan saja menu sajian khusus untuk anak-anak (sebab biasanya menu anak-anak antara satu restoran dengan restoran lain tidak jauh berbeda).

Makan Tidak Menakutkan

Arahkan anak untuk berani mencoba sajian makanan khas kota setempat (menu normal untuk orang dewasa) yang mungkin bisa saja jadi menu makanan kesukaannya yang baru. Jangan langsung protes jika anak akhirnya memilih hidangan biasa, contohnya burger. Coba negosiasi, untuk makanan utama anak boleh memesan menu tersebut namun untuk hidangan penutup maka yang dipesan adalah menu makanan baru pilihan Anda. Dengan trik ini, anak mendapatkan apa yang mau ia makan sekaligus tetap mencoba jenis makanan yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement