Adira Selenggarakan Festival Pesona Lokal

Manajemen Adira Finance promosikan Festival Pesona Lokal. - Ist
09 Agustus 2018 11:50 WIB Rheisnayu Cyntara Wisata Share :
Adplus Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA- Guna mendukung pariwisata Indonesia, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) kembali hadir dengan Festival Pesona Lokal.

Kegiatan yang juga diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT RI ke-28 ini merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia melalui berbagai program CSR yang mengarah pada pengembangan komunitas.

Menurutnya kegiatan CSR Festival Pesona Lokal ini bertujuan untuk mempromosikan daerah yang memiliki potensi untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri serta mendukung kearifan lokal dari suatu daerah. Sehingga pada akhirnya dapat membantu mereka untuk meningkatkan pendapatan daerah. "Melalui kegiatan ini kami turut serta mempromosikan dan mendukung potensi serta kearifan lokal melalui pariwisata, budaya, pendidikan dan UMKM," katanya dalam rilis, Rabu (8/8/2018).

Melalui kegiatan ini, Hafid menuturkan pihaknya ingin mengajak seluruh masyarakat dan keluarga besar Adira Finance baik nasabah, mitra bisnis, dan karyawan untuk berpartisipasi mendukung serta mempromosikan kearifan lokal.

Berbagai jenis acara diselenggarakan seperti lomba karnaval budaya, mural, kreasi masakan daerah, dan pasar rakyat. Bahkan menurutnya pada ajang Festival Pesona Lokal akan diberikan penghargaan Kota Paling Mempesona kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat saat penyelenggaraan di kota tersebut. Penganugerahan penghargaan akan ditayangkan di iNews.

Hafid menyebut rangkaian Festival Pesona Lokal akan diadakan di sembilan kota yaitu Bandung, Solo, Malang, Denpasar, Makassar, Pontianak, Medan, Palembang dan Jakarta.

Ia berharap acara ini dapat menjadi acara tahunan yang ikonik di kota-kota tersebut. "Kami harap masyarakat dari suatu daerah mengetahui atau menyadari potensi dan kearifan lokal dari daerahnya serta berperan aktif untuk mempromosikannya," ujarnya.

Kepala Bidang Komunikasi Multi Media Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata, Hafiz Agung Rifa’i mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Lokal ini. Sebab menurutnya dalam pengembangan sebuah destinasi harus terpenuhi 3A yaitu Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas.
Festival Pesona Lokal merupakan salah satu bentuk atraksi yang mampu menarik wisatawan untuk mengujungi destinasi. Pihaknya berharap Festival Pesona Lokal dapat berkontribusi dalam mendukung tercapainya target 275 juta pergerakan wisatawan Nusantara dan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara.

Chief Operating & IT Officer Adira Insurance, Donni Gandamana menambahkan kegiatan ini turut didukung penuh oleh PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) sebagai penyedia asuransi perjalanan dan asuransi personal accident.

Tujuannya untuk melindungi masyarakat akan risiko yang mungkin terjadi selama melakukan perjalanan terutama selama Festival Pesona Lokal berlangsung. Donni mengatakan Adira Insurance juga mendorong penerapan program keselamatan jalan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung aksesibilitas kawasan daerah wisata yang aman, melalui program Indonesia Road Safety Award (IRSA).

“Untuk mendukung pariwisata Indonesia, harus ada keterlibatan dari semua pihak. Kami memberikan asuransi personal accident kepada para pengunjung Festival Pesona Lokal.

Sehingga mereka tidak perlu merasa khawatir dan aman selama menyaksikan dan menikmati rangkaian acara kali ini. Kami juga terus secara sustainable mendorong Pemerintah Kota untuk menyediakan akses kawasan daerah wisata yang aman," imbuhnya. (*)

Adplus Tokopedia