Advertisement

Ditata, Wisata Kuliner di Labuan Bajo Bakal Lebih Asik

Anitana Widya Puspa
Sabtu, 25 Agustus 2018 - 19:35 WIB
Maya Herawati
Ditata, Wisata Kuliner di Labuan Bajo Bakal Lebih Asik Kampung Ujung, Labuan Bajo, Manggaraoi Barat, NTT. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--  Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia kini semakin rapi dan lengkap berkat adanya kegiatan Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Master Plan/Development Plan KSPN disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), dan dilanjutkan dengan Rencana Teknis Terinci/Detailed Engineering Design (DED) dan pelaksanaan fisik oleh Ditjen Cipta Karya. 

Advertisement

Penataan kawasan dilakukan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung seperti pembangunan trotoar di Jalan Soekarno Hatta, pusat wisata kuliner dan ruang terbuka hijau di Kampung Ujung, street furniture dan jembatan di Promenade Kampung Air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan dengan semakin lengkapnya sarana dan prasarana di daerah penyangga (buffer zone) sebagai bagian tourist management dimana sebelum menuju Pulau Rinca dan Pulau Komodo, wisatawan dapat menikmati Kampung Ujung dan Kampung Air sehingga wisatawan bisa tinggal lebih lama. 

"Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur," katanya melalui keterangan resmi Minggu (19/8/2018).

Salah satunya adalah penataan kawasan wisata kuliner Kampung Ujung dimana deretan tenda penjual makanan kini lebih tertata dengan desain tenda baru berwarna putih. Wisatawan dapat menikmati beragam olahan seafood ditepi laut dengan tenda-tenda yang bisa menjadi spot untuk swafoto.

Anggaran kegiatan penataan KSPN Labuan Bajo senilai Rp 40,35 miliar dan ditargetkan akan rampung 15 Desember 2018 mendatang. Progres fisik kini sudah mencapai 66,70% dan penyerapan anggaran sudah 58,32%. 

KSPN Labuan Bajo merupakan satu dari 11 KSPN yang dikembangkan Pemerintah sebagai “Bali Baru” untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara yang ditargetkan 20 juta orang pada tahun 2019. Semakin tumbuhnya sektor wisata akan membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement