Advertisement

Pariwisata Danau Toba Dipromosikan di Jogja

Rheisnayu Cyntara
Jum'at, 07 September 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
 Pariwisata Danau Toba Dipromosikan di Jogja Wisata Danau Toba. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk mendorong akselerasi pengembangan pariwisata nasional, Kementerian Pariwisata telah mencanangkan pengembangan 10 destinasi prioritas sebagai "Bali Baru" yang diharapkan akan dapat meningkatkan daya tarik dan daya saing pariwisata nasional dan meningkatkan perjalanan wisataan nusantara maupun mancanegara.

Pasalnya pemerintah telah menargetkan kunjungan wisman sebesar 20 juta dan wisnus sebesar 275 juta pada 2019.

Advertisement

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Regional 1 Kementerian Pariwisata, Masrruroh salah satu destinasi unggulan tersebut adalah kawasan Danau Toba. Untuk itu promosi wisata Danau Toba tengah digencarkan, salah satunya dengan melakukan promosi di Jogja.

Misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba ini, kata Masruroh, akan dimulai di Jogja mulai Jumat (7/9/2018) dan akan berlangsung hingga Minggu (9/9/2018) di Hartono Mall dan Hotel Marriott Jogja.

Acara dimulai dari Opening Ceremony di Ground Floor Hartono Mall, dilanjutkan dengan table top atau misi penjualan di yang diikuti oleh 25 sellers industri gabungan dari ASITA dan PHRI Sumatera Utara yang menawarkan Destinasi Toba sebagai produk mereka dan 71 buyers industry dari Jogja.

Masruroh mengatakan selain menyediakan wadah bagi industri dalam forum table top, akan ada acara pendukung seperti lomba mewarnai bagi anak- anak, cooking class makanan khas Sumatera Utara, dan direct selling di Hartono Mall, serta seminar dan talkshow di salah satu TV lokal Jogja. Sebagai acara puncak, akan dihadirkan artis papan atas nasional yakni Sammy Simorangkir.

“Kami berharap dengan diadakannya Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba, branding positioning Danau Toba dapat semakin menguat sebagai salah satu Destinasi Prioritas di Indonesia, dan mampu menggerakkan motivasi perjalanan wisata dari segenap potensi pasar wisatawan di berbagai daerah ke Destinasi Toba,” katanya dalam rilis, Kamis (6/9/2018).

Masruroh menyebut upaya Pemerintah untuk mempromosikan destinasi Danau Toba yang dilakukan sebelumnya telah menunjukkan perkembangan yang signifikan yang berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perkembangan kepariwisataan di Provinsi Sumatera Utara, untuk tamu domestik yang menginap di hotel bintang dan non bintang di Provinsi Sumatera Utara (BPS) meningkat signifikan.

Pada 2016 jumlah tamu domestik di hotel bintang 2016 meningkat 44,68% dari tahun sebelumnya. Selanjutnya untuk jumlah tamu domestik di hotel non bintang meningkat tinggi, yaitu sebesar 248,19% dari tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut semakin didukung dengan adanya pengembangan Bandara Silangit di Tapanuli Utara menjadi bandara internasional serta menjadi pintu masuk udara kedua ke Destinasi Danau Toba selain Bandara Kuala Namu, Medan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada Panen Raya, Harga Gabah dan Beras di Bantul Turun

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Siap-siap! Pengguna Akun Baru X Bakal Dikenakan Biaya

Lifestyle
| Selasa, 16 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement