Menikmati Indahnya Celosia di Kukup

22 September 2018 07:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Wisata Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Gunungkidul tak pernah kehabisan objek wisata. Bahkan setiap tahunnya selalu bertambah. Salah satu yang baru adalah  Kukup Mentari, sebuah objek wisata yang menyajikan hamparan bunga Celosia yang berwarna warni. 

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, tepatnya berada di sekitar pertigaan pintu masuk menuju Pantai Kukup. Dari Kota Wonosari, destinasi ini berjarak kurang lebih 21 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara.

Salah satu pengelola Kukup Mentari, Bino mengatakan Kukup Mentari dibuka sejak pertengahan Juli 2018 lalu. Ide membuka objek wisata ini muncul dari sekedar tertarik membuat taman bunga. Tak disangka dari iseng justru mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. "Daripada menganggur akhirnya kami kembangkan taman ini dan diberi nama Kukup Mentari," ucapnya kepada Harianjogja.com, Jumat (21/9/2018).

Dijelaskan Bino, nama Kukup Mentari diambil karena sesuai dengan nama Pantai Kukup yang lokasinya tak jauh dari obyek wisata tersebut. Sementara nama mentari disematkan karena lokasi tersebut selalu disinari matahari.

Dipilihnya Bunga Celosia sebagai tanaman pokok di taman tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Bino warna Bunga Celosia yang beraneka ragam itu menarik dan mampu memikat siapapun untuk mengambil gambar atau sekedar swafoto. "Akhirnya kami kembangkan wisata ini menjadi wisata foto. Kami juga ada jasa foto, dengan tarif Rp10.000 bisa dapat 3-4 gambar, kalau mau masuk tapi gak pake jasa foto harganya Rp5.000," ujar Bino. 

Setiap akhir pekan dan hari libur, kata dia, wisatawan yang berkunjung bisa mencapai 200 orang. Walhasil pendapatan yang diraupnya bisa mencapai jutaan rupiah per bulan.

Meski begitu dia tetap berharap adanya dukungan dari pihak terkait untuk mendukung keberadaan taman bunga, tidak hanya Kukup Mentari tapi juga yang lain.

Salah satu wisatawan asal Bantul, Wibowo, 26, mengaku terkesan dengan obyek wisata Kukup Mentari. Menurutnya wisata seperti ini perlu dikembangkan lagi sehingga mampu menguatkan citra Gunungkidul sebagai surganya wisata.