Beli Manisan Carica di Dieng, Ini Kiat Memilihnya

Manisan Carica, oleh-oleh khas dari Dieng di Wonosobo. - JIBI/Bisnis Indonesia
08 Oktober 2018 22:15 WIB Bisnis Indonesia Wisata Share :

Harianjogja.com, WONOSOBO-Manisan carica adalah salah satu oleh-oleh khas yang wajb dibeli saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah.

Di sana, ada banyak pilihan merek manisan carica yang ditawarkan. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memilih manisan carica yang aman untuk dikonsumsi.

Pemandu wisata dari Dieng Adventure, Imam, menjelaskan memilih merek manisan carica memang sepenuhnya adalah keputusan konsumen. Akan tetapi tetap harus ada beberap hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

"Kalau mau beli manisan carica, perhatikan warna larutannya. Kalau keruh, itu berarti proses penyaringan biji caricanya tidak sempurna," jelasnya belum lama ini.

Sebaliknya, apabila warna larutannya terlalu kuning mencolok, kemungkinan besar manisan tersebut mengandung terlalu banyak zat pewarna buatan.

Kiat lainnya lainnya, jika rasanya terlalu manis, besar kemungkinan manisan itu menggunakan biang gula. Biasanya manisan carica yang mengandung pemanis buatan akan terasa gatal di tenggorokan.

"Lihat juga tanggal kedaluwarsanya. Jika melebihi satu tahun, biasanya menggunakan zat pengawet yang berlebihan," lanjut Imam.

Dia menjelaskan, saat ini ada begitu banyak merek manisan carica yang dijual di Wonosobo. Sebab, jumlah industri rumahannya terus bertambah dan kompetisi perdagangan oleh-oleh olahan carica di Wonosobo pun semakin sengit.

"Akibatnya ada saja produsen yang berlaku curang untuk memenangkan persaingan. Jadi, harus hati-hati dalam memilih produk yang aman."

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia