Advertisement

Beli Manisan Carica di Dieng, Ini Kiat Memilihnya

Bisnis Indonesia
Senin, 08 Oktober 2018 - 22:15 WIB
Maya Herawati
Beli Manisan Carica di Dieng, Ini Kiat Memilihnya Manisan Carica, oleh-oleh khas dari Dieng di Wonosobo. - JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSOBO-Manisan carica adalah salah satu oleh-oleh khas yang wajb dibeli saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah.

Di sana, ada banyak pilihan merek manisan carica yang ditawarkan. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memilih manisan carica yang aman untuk dikonsumsi.

Advertisement

Pemandu wisata dari Dieng Adventure, Imam, menjelaskan memilih merek manisan carica memang sepenuhnya adalah keputusan konsumen. Akan tetapi tetap harus ada beberap hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

"Kalau mau beli manisan carica, perhatikan warna larutannya. Kalau keruh, itu berarti proses penyaringan biji caricanya tidak sempurna," jelasnya belum lama ini.

Sebaliknya, apabila warna larutannya terlalu kuning mencolok, kemungkinan besar manisan tersebut mengandung terlalu banyak zat pewarna buatan.

Kiat lainnya lainnya, jika rasanya terlalu manis, besar kemungkinan manisan itu menggunakan biang gula. Biasanya manisan carica yang mengandung pemanis buatan akan terasa gatal di tenggorokan.

"Lihat juga tanggal kedaluwarsanya. Jika melebihi satu tahun, biasanya menggunakan zat pengawet yang berlebihan," lanjut Imam.

Dia menjelaskan, saat ini ada begitu banyak merek manisan carica yang dijual di Wonosobo. Sebab, jumlah industri rumahannya terus bertambah dan kompetisi perdagangan oleh-oleh olahan carica di Wonosobo pun semakin sengit.

"Akibatnya ada saja produsen yang berlaku curang untuk memenangkan persaingan. Jadi, harus hati-hati dalam memilih produk yang aman."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tiga Kader PKS Masuk Bursa Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Bukan Introvert, Ini 8 Tanda Pria Kesepian

Lifestyle
| Senin, 15 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement