Ini Daftar Kota Layak Kunjung pada 2019 Nanti, Cek Ya

Durbar Square, salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Kathmandu, Nepal. - Nepal Tourism Board
30 Oktober 2018 09:35 WIB Annisa Margrit Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Nepal tampaknya masih menjadi primadona para pelancong. Kathmandu, ibu kotanya, pun masuk dalam daftar 10 kota terbaik layak kunjung versi Lonely Planet.

Melalui laman resminya, Lonely Planet kembali merilis Best in Travel 2019, sebuah daftar destinasi dan pengalaman wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Ini merupakan daftar tahunan yang dibuat oleh penerbit buku panduan wisata global itu.

“Pascagempa pada 2015, Kathmandu terlihat rusak dan berduka. Tetapi, sekarang kota ini sedang berbenah lagi dan melakukan rekonstruksi serta peremajaan. Tentu, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengembalikan berbagai monumen luar biasa yang rusak, tapi kota ini mulai kembali ke bentuk awalnya,” papar Lonely Planet belum lama ini.

Salah satu sudut Kopenhagen, Denmark./Reuters

Sentuhan teknologi, didukung listrik dan jaringan internet, disebut sebagai bonus yang akan menemani para pengunjung dalam menjelajahi jalanan kota tua itu.

Kota Asia lainnya yang juga masuk daftar adalah Shenzhen, China. Kota ini digadang-gadang sebagai Silicon Valley-nya Negeri Panda karena banyak perusahaan teknologi yang memilihnya menjadi markas.

Tetapi, kota yang berada dekat dengan Hong Kong itu juga dikenal memiliki skena musik indie, kafe-kafe keren, dan distrik seni yang terus berkembang.

Palacio de Bellas Artes, Mexico City./Istimewa

Secara keseluruhan, kota yang paling direkomendasikan adalah Kopenhagen.

“Ibu kota Denmark ini mempunyai sederet makanan pinggir jalan yang luar biasa,” tulis Lonely Planet.

Tak hanya itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan dan dikunjungi di sana, baik sekadar bermain ski maupun menikmati suguhan seni dan budaya di distrik seni ternama.

Berikut 10 kota layak dikunjungi versi Lonely Planet untuk 2019:

1. Kopenhagen, Denmark
2. Shenzhen, China
3. Novi Sad, Serbia
4. Miami, AS
5. Kathmandu, Nepal
6. Mexico City, Meksiko
7. Dakar, Senegal
8. Seattle, AS
9. Zadar, Kroasia
10. Meknes, Maroko

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Lonely Planet