Ini Tempat di Makassar yang Banyak Dikunjungi Pelancong

Fort Rotterdam - ist/Kemendikbud.go.id
04 November 2018 09:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR—Makassar Sulawesi Selatan menjadi destinasi wisata di Indonesia yang berkembang pesat. Ada lima tempat yang banyak dikunjungi para pelancong, jangan lewatkan. Berikut ini daftarnya:

Fort Rotterdam

Benteng peninggalan Gowa-Tallo ini jadi salah satu lokasi Instagramable di Kota Makassar. Setiap wisatawan pasti mengincar datang ke benteng yang dibangun sejak 1545 itu.

Menariknya, benteng ini dibangun dengan menggunakan tanah liat, lalu didesain mirip penyu yang merangkak ke lautan. Ini sangat jelas sekali kalau Anda memandang dari atas.

Di sana banyak pula kisah mistis yang melekat sampai saat ini. Semuanya berkaitan erat dengan rekam jejak Pangeran Diponegoro, yang pernah diasingkan di sana.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran terkait kisah menarik dari benteng ini, sebaiknya langsung sambangi saat berlibur ke Kota Makassar. Anda bisa ditemani tour guide, yang bakal menceritakan banyak rahasia mengenai benteng kuno ini.

Pantai Losari

Selain benteng bersejarah, Pantai Losari juga diincar traveler. Kawasan ini punya spot strategis, untuk menyaksikan matahari terbenam yang indah banget.

Di halaman tepian pantai juga banyak patung-patung sejarah yang melambangkan Kota Makassar. Termasuk adanya kapal pinishi besar, becak orang Makassar, patung orang dengan pakaian adat, dan masih banyak lainnya. Setiap sore kawasan ini ramai sekali, bahkan kalau ada bujet lebih Anda bisa keliling pantai dengan kapal mesin.

Pecinan Makassar

Uniknya, kawasan Pecinan di Kota Makassar jadi pusat kuliner dan tempat belanja oleh-oleh khasnya. Anda bisa menyusuri trotoar, sambil menikmati sisa bangunan lawas, yang juga Instagramable untuk foto-foto.

Di sana, banyak sekali warung makanan yang menjual hidangan khas seafood, mi titi, hingga konro bakar. Bagi yang suka ngopi, di sana banyak juga lho kedai kopi lawas nan sepi.

Makam Sultan Hasanuddin

Awal mula adanya makam ini diperkirakan tahun 1600an-1700an. Di kompleks pemakaman itu tidak cuma ada makam Sultan Hasanuddin, tapi ada makam ayahnya, Sultan Malikussaid. Juga kakeknya, Sultan Alaudin yang merupakan Raja Gowa ke-14.

Saat datang kesana banyak spot bagus untuk foto-foto, malahan konsep dari makamnya ialah punden berundak. Banyak filosofi menarik saat Anda berkunjung kesana. Dijamin Anda juga bakal tahu banyak tentang sejarah Kota Makassar setelah mengunjungi kompleks makam ini.

Masjid Terapung Amirul Mukminin

Konsep masjid terapung memang menjadi ciri khas di Pulau Sulawesi. Termasuk Masjid Amirul Mukminin, berdiri gagah di sekitaran Pantai Losari. Anda bakal menemukan kedamaian saat mampir salat di masjid ini. Jika di luar cuacanya panas menyengat, saat masuk ke dalam rumah ibadah ini Anda bakal merasakan kesejukan.

Sumber : Okezone