Pencinta Kuliner, Lima Hidangan Ini Legendaris di Makassar

Konro Bakar - ist/flickr/daengkm
04 November 2018 10:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR—Jalan-jalan tanpa makan-makan tentu tak lengkap rasanya. Anda yang berwisata di Kota Makassar, Sulawesi Selatan ada kuliner-kuliner legendaris yang harus masuk dalam daftar icip-icip. Berikut ini lima kuliner legendaris Makassar:

Konro Bakar Karebosi

Ke Makassar tak tak lengkap rasanya kalau tidak menikmati konro bakar sebesar lengan tangan. Daging yang menempel di tulang begitu lembut dan aroma bakarannya menusuk di hidung. Saat sepiring konro datang ke meja, nafsu makan jadi meningkat. Biasanya konro bakar ini disantap dengan siraman saus kacang nan gurih.

Kalau tidak suka, Anda bisa menambah kecap yang mantap. Meski porsinya besar sekali, terkadang orang Makassar makannya pakai nasi agar lebih nendang di perut. Adapun lokas makan konro enak yakni di Warung Konro Bakar Karebossi, Jalan Gunung Lompobattang, Makassar.

Coto Makassar Nusantara

Coto juga jadi hidangan kuliner ikonik dari Kota Makassar. Di sana warung coto paling terkenal yakni Coto Makassar Nusantara. Dari kalangan orang biasa, wisatawan hingga pejabat selalu mencicipi hidangan coto yang mantap ini.

Anda pasti akan ketagihan saat mencicipi semangkuk kecil coto dengan potongan daging empuk, yang disiram kuah gurih sedap. Supaya bikin kenyang, makannya pakai buras dan cotonya lebih terasa sedap dengan tambahan perasaan jeruk nipis. Kalau lapar, dijamin tak cukup seporsi makan coto ini.

Mi Titi Boulevard

Kalau menghindari olahan makanan serba daging, Anda bisa mencicipi mi titi gurih nikmat. Olahan mi yang khas ini juga diburu pencinta kuliner. Semangkuk mi titi yang gurih siap mengenyangkan perut Anda. Dengan sajian mi tipis yang digoreng garing, lalu disiram kuah kental dengan tambahan seafood, ayam dan sayuran hijau.

Rasanya nendang dan siap mengisi sebagian perut Anda yang tengah lapar. Depot Mi Titi Boulevard paling terkenal di sana. Pengunjung datang silih berganti, sampai-sampai Anda tak kebagian tempat.

Warung Makan Ikan Segar Lae-Lae

Jika Anda singgah menghabiskan waktu di Pantai Losari, ada berderet warung makan ikan segar yang mantap. Salah satunya Warung Makan Ikan Segar Lae-Lae. Lokasi tersebut punya aneka hidangan ikan bakar khas Makassar dengan sambal dabu-dabu yang nendang.

Adapun menu khas dari warung tersebut ialah pepes telur ikan pedas yang dibakar. Seporsi kira-kira Rp60.000, bisa dimakan dua orang yang ditambah nasi panas dan kerupuk.

Pallubassa Mangkasara

Piknik ke Makassar kurang asyik kalau Anda tak mencicipi Pallubassa Mangkasara. Olahan kuliner ini sama seperti Coto Makassar. Bedanya di rempah bumbu yang lebih berani rasanya. Di samping itu, Pallubassa juga merupakan hidangan daging dan jeroan kerbau yang digodok sampai empuk.

Namun, tidak banyak penjual kuliner ini di Kota Makassar. Sekiranya hanya ada satu tempat ternama makan pallubassa di sana dan jam bukanya malah sampai sore saja.

Sumber : Okezone