Advertisement

Bingung Mau Liburan Natal dan Tahun Baru ke Mana? Pantai Gesing Bisa Jadi Pilihan

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 15 Desember 2018 - 09:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Bingung Mau Liburan Natal dan Tahun Baru ke Mana? Pantai Gesing Bisa Jadi Pilihan Suasana kawasan Pantai Gesing di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Jumat (14/12/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kawasan wisata Pantai masih menjadi andalan pariwisata di Gunungkidul, termasuk menjelang libur Natal dan Tahun baru 2019 ini. Salah satu pantai yang menarik wisatawan yaitu Pantai Gesing di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang.

Lokasi Pantai Gesing sekitar 45 km atau sekitar satu jam, jika dari pusat kota Wonosari. Jika dari Jogja atau Bantul dapat melalui arah Kecamatan Purwosari melewati kawasan Parangtritis di Bantul.

Advertisement

Memang untuk sampai Pantai tersebut memerlukan waktu yang cukup lama, tetapi akan terbayar dengan pemandangan yang indah. Bagi wisatawan yang memiliki kegemaran fotografipun dapat memperoleh hasil yang memuaskan. Namun dibalik pemandangan indah itu, pada 2010 sampai 2012 sering digunakan untuk menyebrang imigran gelap asal timur tengah menuju Australia.

Salah satu warga Supadi mengungkapkan sejak 2016 Pantai Gesing mulai dikenal wisatawan. Ia menuturkan saat awal buka 2013 kawasan wisata ini masih sepi. Ia yang juga berjualan di kawasan pantai ini mengaku hanya mampu menjual ikan satu kilogram sampai dua kilogram saja.

“Dulu kabarnya 2010-2012 di sini ada penyebrangan imigran gelap menuju Australia, karena sepinya lokasi. Menurut informasi titik di sini paling mudah berangkat ke sana. Tetapi waktu itu saya kurang mengetahui detailnya,” kata Supadi, Jumat (14/12/2018).

Namun kondisi itu dikatakannya sudah berbeda jauh sejak libur Lebaran 2016. Saat itu kunjungan wisatawan mencapai ratusan orang. Dengan foto-foto yang beredar di media sosial terus mendorong kunjungan wisatawan. Iapun bersyukur saat ini sudah ramai dan banyak wisatawan berkunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Hary Sukmono menuturkan, menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019 ini pihak Dispar dan instansi terkait sudah mulai bersiap, baik keamanan maupun kenyamanan wisatawan.

Dikatakan Hary saat ini memang lebih banyak dikenal masyarakat kawasan wisata di Pantai Baron dan sekitarnya. Namun ia mengaku pihak Dispar juga telah berupaya mempromosikan daerah wisata lain.

“Kami terus promosikan semua potensi wisata yang ada di Gunungkidul. Selain itu kami juga mendukung untuk perbaikan akses maupun fasilitas lainnya. Untuk penginapan memang belum maksimal. Kami justru mengharapkan masyarakat dapat membuka homestay sehingga menambah perekonomian masyarakat juga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia 20 Negara dengan Udara Paling Tercemar di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement