Di Britania Raya, Bentuk Gedung yang Unik Jadi Daya Tarik Wisata

Stasiun King Cross London, Inggris - Reuters
06 Januari 2019 08:35 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, LONDON—Traveling ke luar negeri tak melulu harus tertuju pada satu tempat wisata tertentu. Seluruh kota bisa menjadi tempat menarik, salah satunya gedung-gedung tua seperti stasiun dan bank. Di Britania Raya, gedung-gedung itu banyak ditemui dan menjadi magnet bagi para pelancong.

Berikut ini gedung-gedung unik yang bisa Anda temukan di Inggris, seperti dilansir Express,belum lama ini. Gedung ini dianggap sebagai bangunan arsitektur terbaik di Negeri Ratu Elizabeth.

Kings Cross Station, London

Kings Cross Station didesain oleh John McAslan dan Partners. Ia dianugerahi sebuah OBE untuk layanan arsitektur pada 2012, bersamaan dengan dibukanya stasiun tersebut.

Wujud struktur berselang-selang dimaksudkan agar menyerupai pohon yang membuka di atas stasiun kemudian menuju ke tanah. Desainnya yang berwarna putih terang telah membuatnya menjadi salah satu tempat paling populer di London.

The Clyde Auditorium, Glasgow

The Clyde Auditorium dikenal dengan nama The Armadillo. Bangunan ini didirikan pada 1997 oleh Fosters dan Partners. Desainnya menyerupai lambung kapal dan dapat menampung hingga 3.000 kursi.

The Royal Pavilion, Brighton

The Royal Pavilion menggabungkan budaya Inggris dan India. Bangunan tersebut masuk dalam daftar bangunan Grade 1 dan sebelumnya merupakan kediaman kerajaan Raja George IV. Ratu Victoria, yang bukan penggemar bangunan atau Brighton, kemudian menjual gedung itu ke kota pada 1850  dengan biaya 53.000 pound sterling.

Sage Gateshead, Newcastle

Sage Gateshead diciptakan oleh Fosters dan Partners. Bangunan ini menampung pengunjung setiap tahun sebagai area konser.  Bangunan memiliki dayat tarik yang kuat karena keindahannya. Bangunan yang memiliki bahan kaca itu paling baik dilihat saat matahari terbenam ketika cahaya memantul dari air ke panel jendela.

St Andrews Castle, Skotlandia

Bangunan kastil St Andrews Castle sebagian kini hilang, namun sisa reruntuhan menghadap ke pantai Castle Sands serta Laut Utara. Ini membuat bangunan tersebut menjadi tempat yang indah.

Bila melihat dari sisi sejarah, bangunan ini memiliki histori sejak 1189. Setelah kekalahan Protestan selama reformasi Skotlandia, bangunan dibiarkan berantakan. Bangunan perlahan-lahan runtuh selama 500 tahun terakhir, namun kini dirawat oleh Historic Scotland dan terbuka untuk umum.

Sumber : Okezone