Saatnya Menghemat Bagasi, Ini Tips Packing yang Efisien

Ilustrasi traveling - AmericanPregnancy
11 Januari 2019 08:35 WIB Newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Maskapai di Indonesia mulai mengenakan tarif bagasi dan menghilangkan ketentuan bagasi gratis yang selama ini diterapkan. Anda sebagai pelancong dalam negeri tentu ingin sehemat mungkin membayar bagasi. Ini tips bagi Anda mengemas barang secara efisien seperti dikutip Travel and Leisure belum lama ini:

Tulis daftar barang

Jangan masukkan semua barang ketika hendak bepergian. Sebab ada barang-barang yang tidak diperlukan. Buatlah daftar barang yang dibutuhkan ketika berada di tempat tujuan. Mulai dari pakaian dalam, pakaian sehari-hari, alat mandi, perlengkapan elektronik, obat-obatan, dan lainnya.

Sortir barang

Setelah membuat daftar, langkah yang selanjutnya dilakukan adalah menyiapkan barang-barang tersebut. Bila sudah terkumpul, jangan langsung memasukkannya ke koper atau tas. Melainkan sortir kembali barang-barang. Bisa saja ada barang yang bisa dikeluarkan karena tidak terlalu penting.

Hindari melipat pakaian

Banyak orang yang senang mengemas pakaian di tas atau koper dengan cara dilipat. Padahal cara itu malah membuat banyak tempat yang digunakan. Daripada melipat, lebih baik menggulung pakaian sehingga tempat yang digunakan lebih sedikit dan bisa dimanfaatkan untuk barang lain.

Dalam ukuran kecil

Perlengkapan mandi terkadang menjadi hal yang tidak boleh terlupakan saat hendak melakukan perjalanan. Namun, daripada membawa sampo, kondisioner, sabun, dan semacamnya dalam ukuran besar, tuangkan cairan-cairan tersebut ke wadah yang lebih kecil. Pastikan jumlahnya cukup untuk selama bepergian. Cara yang sama juga berlaku untuk produk perawatan kulit seperti krim.

Tas tambahan

Meskipun sudah menyusun barang seefisien mungkin, tetap ada kemungkinan jumlah barang berlebih pada saat pulang. Bawalah tas tambahan yang bisa dilipat dan dimasukkan ke koper tapi ukurannya bisa dibawa ke kabin. Tas itu berfungsi untuk meletakkan barang berlebih tanpa harus menambah bagasi.

Sumber : Okezone