KULINER JOGJA : Minuman Alkohol dari Jel?

Hidangan gastronomi molekuler (FILEminizer)
25 Januari 2015 13:20 WIB Wisata Share :

Kuliner Jogja kali ini menawarkan hidangan gastronomi mokuler dari Jambuluwuk Hotel.

Harianjogja.com, JOGJA—Apakah Anda pernah mencoba sebuah makanan atau minuman, yang ketika dimakan memberikan dua sensasi yang berbeda pada saat yang bersamaan? Seperti sensasi rasa panas dan dingin. Atau rasa sebuah minuman yang memberikan dua rasa berbeda pada dua bagian indera pengecap.

Seiring semakin berkembangnya teknologi, membuat dunia kuliner juga mengalami kemajuan yang pesat. Teknik-teknik memasak atau menyajikan hidangan membuat efek rasa yang baru dari yang selama ini kita kenal. Anda dapat menyaksikan semua itu pada hidangan gastronomi molekuler (molecular gastronomy).

Belum lama ini, Jambuluwuk Malioboro Hotel Jogja meluncurkan gastronomi molekuler, sebuah hidangan minuman yang termasuk baru di Jogja. Yaitu sebuah minuman alkohol yang dapat dibuat jel. Sesuatu yang masih jarang dilakukan.

Molekuler gastronomi merupakan sebuah hidangan yang dibuat menggunakan teknologi transformasi ilmu fisika dan kimia. Dari luar, masakan ini tampak seperti biasa saja. Ciri dari masakan ini adalah sensasi yang berbeda ketika makanan tersebut berada di dalam mulut.

“Kita sering dengar, tapi belum begitu tahu. Sensasinya adalah ketika di mulut, jel ini akan pecah dan memberikan rasa yang berbeda,” ujar chef Bryan.

Bar Manager Jambuluwuk Hotel Puji Purwoko mengatakan hotelnya mencoba untuk memberikan sebuah hidangan yang memang masih belum ada di Jogja. Molekuler gastronomi tidak hanya menjadi sebuah hidangan minuman, namun juga bisa dinikmati dengan makanan seperti norwegia salmon atau tropical rainbow (makan campuran buah-buahan, seperti nanas, pir, dan apel).

Molekuler gastronomi yang berbentuk jel bulan kecil nantinya akan disisipi di makan tersebut dan memberikan sensasi tersendiri. Untuk mencoba minuman tersebut, Anda harus merogoh kocek yang cukup mahal, yaitu Rp150.000 perporsinya. Anda tertarik?