Advertisement

Kenali Negara Tujuan dengan Aplikasi Ini jika Mau Piknik ke Luar Negeri dengan Aman

Amanda Kusumawardhani
Minggu, 08 April 2018 - 21:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Kenali Negara Tujuan dengan Aplikasi Ini jika Mau Piknik ke Luar Negeri dengan Aman Aplikasi Safe Travel

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kementerian Luar Negeri menyediakan aplikasi Safe Travel yang fitur-fiturnya dapat dimanfaatkan oleh  WNI untuk mengenal negara tujuan secara lebih baik.

Fitur-fitur yang dapat WNI manfaatkan antara lain informasi lengkap negara-negara di dunia yang meliputi status negara (tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna), akses pelayanan perwakilan RI, daftar 130 perwakilan RI, serta informasi hukum dan kebiasaan setempat.

Tak hanya itu, informasi mengenai negara juga memuat mata uang setempat, informasi tempat ibadah, informasi wisata, knformasi kuliner halal, hingga informasi lain yang dibutuhkan para traveller, seperti jenis steker listrik maupun voltase yang dipergunakan di negara tujuan.

Satu fitur yang sangat krusial adalah adanya tombol darurat, dimana dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian.

Aplikasi Safe Travel Kemlu juga akan membuat perjalanan WNI menyenangkan dengan fitur-fitur yang khas seperti di media sosial, antara lain:

Indonesian Nearby - Fitur ini menyediakan informasi mengenai WNI yang berada dekat lokasi anda saat berada di luar negeri. Melalui fitur ini, para WNI dapat berkenalan, mengobrol dan mengembangkan jaringan pertemanan untuk memperkuat komunitas WNI di luar negeri

Points dan Badges - Pengguna aplikasi dapat memperoleh points dan badges (lencana) sejak melakukan check in. Akan ada reward bagi pengguna yang mendapat poin dan lencana tertentu. Demikian dikutip dari situs resmi Kemenlu, Jumat (6/4/2018).

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement