Advertisement

Lezatnya Mie Des Mbak Anik, Mi Pedas Khas Bantul

Maya Arina Pramudita
Minggu, 15 Juli 2018 - 16:35 WIB
Maya Herawati
Lezatnya Mie Des Mbak Anik, Mi Pedas Khas Bantul Warung Mie Des Mbak Anik, Bantul - Maya Arina Pramudita

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bakmi pedes adalah olahan mi pedas yang menjadi kuliner khas Bantul. Bakmi pedes berbahan dasar  tepung tapioka memiliki tekstur kenyal dengan ukuran lebih besar. Salah satu bakmi pedes yang terkenal adalah Mie Des Mbak Anik di Jalan Parangtritis KM 14,5 Patalan, Bantul. Warung di dekat areal persawahan ini tak pernah sepi pembeli.

“Mie Des ini teksturnya kenyal dan ukurannya lebih besar dari pada mi pada umumnya, mi ini basah dan tidak tahan lama karena tidak menggunakan pengawet dalam proses pembuatannya,” terang Anik kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dari proses pembuatannya, Mie Des tidak jauh berbeda dengan bakmi Jawa. Mie Des dimasak lebih cepat diatas penggorengan agar tidak merusak kekenyalannya. Diberi bumbu rempah dan sayur sebagai pelengkap, Mie Des dapat diolah  dengan kuah maupun digoreng.

Mie Des Mbak Anik ini terkenal dengan cita rasa pedas gurih. Pembeli juga diberi kesempatan memilih level pedas sesuai kemampuannya. Menggunakan cabai kering sebagai bahan dasar, Anik membuat sendiri bumbu pedas yang dicampurkan didalam Mie Des. “Mie Des itu punya rasa yang pedas tetapi tetap gurih,” katanya.

Rasa gurih didapatkan dari penggunaan ebi dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan kemiri. Ditambah telur, Mie Des disajikan saat sedang hangat dilengkapi dengan telur. Jika pembeli ingin menambah level pedas, pembeli dapat langsung menmbanhkan bumbu pedas dalam Mie Des yang dipesan.

Dalam satu hari, Mie Des Mbak Anik dapat menghabiskan 25-30 kg mi ketela untuk membuat Mie Des. Ia membuka usaha ini sejak 2001 dibantu sang suami. Anik yang membuka warung sejak pukul 17.00 mengaku mendapat resep olahan mi dari sang kakek.

Ibu dua anak ini menjelaskan bahwa menu Mie Des Mbak Anik antara lain mie des rebus, mie des goreng, magelangan goreng, magelangan rebus dan nasi godog. Untuk minuman tersedia teh, jeruk, kopi, dan susu dalam keadaan panas maupun dengan es batu.

Harga yang dibanderol yaitu Rp7.500 untuk menu bakmi goreng atau rebus, serta Rp10.000 untuk menu nasi goreng dan magelangan. Sedangkan untuk minuman mulai dari Rp2.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Pemahaman tentang Kanker Akan Turunkan Risiko Kematian

Sleman
| Senin, 06 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

35 Tahun ke Atas Dinilai Berisiko, Usia Berapakah yang Baik untuk Promil?

Lifestyle
| Selasa, 07 Februari 2023, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement