Liburan Naik Kereta Api Lebih Seru Lho, Ini Alasannya

Kereta api priority - kai.id
17 November 2018 09:35 WIB newswire Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Musim liburan akhir tahun segera tiba saatnya merencanakan perjalanan. Transportasi apa yang akan Anda pilih pada liburan kali ini?

Jika masih belum memutuskan untuk memilih transportasi, tak ada salahnya Anda melirik kereta api sebagai alternatif moda transprotasi. This is Insider melansir menggunakan moda transportasi kereta api menjadikan liburan Anda lebih seru. Berikut ini alasannya:

Lebih fleksibel memesan tiket

Walau sudah pasti sekali akan melakukan perjalanan, biasanya ada saja kepentingan mendadak yang mengharuskan kita untuk mengubah bahkan membatalkan tiket. Pada kereta api, kamu akan lebih fleksibel melakukannya, meskipun dalam mengubah waktu perjalanan membutuhkan biaya tambahan, tapi kereta api lebih mudah dilakukan daripada pesawat.

Perjalanan lebih nyaman

Pergi naik pesawat bisa jadi mengesalkan, terutama jika kamu terjebak di antara orang yang membawa banyak bagasi di kabin atau di sisimu ada orang yang menjengkelkan sikapnya. Nah, di kereta terkadang gerbongnya lebih luas, lebih bebas bergerak, ukuran kursi lebih lebar, ruang kaki lebih luas bahkan dari kursi pesawat kelas ekonomi.

Menghemat uang

Pada musim liburan biasanya biaya tiket perjalanan transportas lebih mahal dari musim biasa. Kamu pasti sudah menyadarinya, terlebih jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat tentu harganya bisa berbeda, kecuali kamu beruntung dan bisa mendapatkan harga tiket pesawat dengan low budget di musim liburan (high season). Selain itu, liburan akhirnya tahun yang cenderung membutuhkan waktu lebih lama daripada liburan pada bulan-bulan biasa, pasti kamu akan membawa bagasi yang lebih banyak dan besar pula, harga beratnya bagasi tambahan pada kereta dan pesawat pun berbeda, ini perlu dipertimbangkan.

Kereta api bisa berfungsi sebagai hotel

Fungsi ganda pada kereta api bisa kamu rasakan jika memilih perjalanan pada malam hari. Kamu bisa tidur pada kursi yang nyaman dan bebas ke kamar kecil kapan saja, tidak perlu menunggu lampu tanda sabuk pengaman dipadamkan seperti pada pesawat.

Ramah lingkungan

Memilih kereta api sebagai transportasi liburan adalah salah satu bentuk cinta kamu pada lingkungan. Sebab, kereta api adalah pilihan yang cerdas untuk mengurangi karbondioksida, kereta api juga sekira 25 persen lebih hemat energi daripada mobil.

Menikmati pemandangan

Dengan naik kereta api menuju kota tujuan, kamu bisa lebih menikmati pemandangan di kota-kota yang kamu lewati. Pesawat memang menawarkan pemandangan awan yang indah berkerumun, tapi ancaman cuaca selalu mengikuti.

Cuaca tidak memainkan banyak peran

Meskipun satu ton salju atau mungkin ada bongkahan tanah dapat menunda atau membatalkan kereta api, tapi hujan atau angin mungkin tidak akan mencegah kereta berangkat seperti yang terjadi pada pesawat.

Lebih ramah keluarga

Ada beberapa tipe anak yang takut terbang dengan pesawat, maka alternatif pilihannya kamu bisa menggunakan kereta api. Selain itu, terkadang tiket kereta api menawarkan diskon tiket hingga 20 persen untuk remaja atau anak-anak, bahkan anak pada usia tertentu gratis biaya tiket.

Sumber : Okezone