Advertisement

Tiga Kuliner di Jawa Timur Ini Makanan Wajib yang Harus Anda Cicipi

Newswire
Selasa, 29 Januari 2019 - 09:35 WIB
Maya Herawati
Tiga Kuliner di Jawa Timur Ini Makanan Wajib yang Harus Anda Cicipi Sate Ayam Ponorogo - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, MADIUN—Beberapa kota di Jawa Timur punya kulier yang terkenal lezat. Penjualnya bertebaran di sudut-sudut kota. Jika Anda berkunjung ke kota-kota ini, wajib mencicipi.

Berikut ini daftar makanan khas di tiga kota itu:

Advertisement

Ayam bumbung

Magetan terkenal karena udaranya dingin menusuk kulit dan adanya Telaga Sarangan yang cantik. Di balik itu, ada kuliner khasnya dengan menu ayam bumbung. Keistimewaan dari olahan ini masaknya menggunakan wadah bambu, kemudian diasap di atas arang.

Sementara bahan mentahnya berupa daging ayam segar yang digiling, kemudian dibumbui rempah-rempah khas, seperti jahe, lengkuas, daun salam, bawang dan sebagainya. Biasanya ayam bumbung dimakan bersama sayur lodeh tempe dan petai, sambal terong pedas manis dan nasi panas menggoda.

Tengkleng

Karena berbatasan dengan Karanganyar, Solo, tengkleng juga jadi salah satu kuliner ciri khas Magetan. Sangat pas sekali jika Anda mencicipi hidangan tersebut di tengah hujan dan udara dingin menusuk. Tengkleng ini merupakan menu olahan kaki kambing yang digodok lama sampai empuk.

Kuat rempahnya pun sangat menusuk hidung, saat mencium aroma kuah. Belum lagi balungan (tulang) kambing sebelumnya dibakar lebih dulu, sehingga bau prengusnya hilang.

Sate Ponorogo

Apa ya bedanya sate Ponorogo dan sate Madura? Ternyata jelas banget perbedaannya kalau dilihat dan dirasakan. Sate Ponorogo ini wajib dicicipi ketika Anda tengah melintasi Ponorogo atau sengaja mengeksplorasi Kota Reog ini.

Potongan daging satenya cenderung tebal dan panjang, lalu dimasak dengan cara diasap. Kemudian Satainya disiram saus kacang kental bercita rasa manis. Biar kenyang, tambahkan lontong yang legit dan menggugah nafsu makan.

Pecel Madiun

Kalau ke Madiun pasti kurang afdol kalau tidak merasakan pecel Madiun yang nikmat. Kalau pecel pasti Anda sudah kenal dong, makanan yang mengandalkan aneka jenis sayuran ini disajikan dengan bumbu kacang yang nikmat. Adapun ciri khas pecel Madiun adalah ada lalapan bunga turi, taburan serundeng, petai china, dan kemangi. Biasanya nasi pecel ini dinikmati dengan lauk telur ceplok yang baru matang dan tempe goreng menggoda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Anak Kekurangan Vitamin D, Risiko Kena Eksim Meningkat

Lifestyle
| Kamis, 25 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement