Mengejar Keberuntungan Awal Tahun lewat Pameran Wisata

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghabiskan liburan panjang ke Karst Rammang-rammang di Maros Sulawesi Selatan, Senin (1/5/2017). - Istimewa
06 Februari 2019 08:35 WIB Dhiany Nadya Utami Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Perencanaan liburan sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin agar perjalanan nyaman dan menyenangkan. Selain itu, membeli tiket jauh-jauh hari juga memiliki keuntungan sendiri karena biasanya berbanderol lebih murah.

Cara lain membeli tiket murah adalah lewat travel fair. Menemukan travel fair cukup mudah, apalagi di akhir dan awal tahun. Meskipun demikian, kadang ada pula travel fair yang digelar di waktu-waktu yang tidak terduga.

Melalui keterangan tertulis, Traveloka memberikan beberapa tips supaya selalu siap sedia berburu tiket liburan di travel fair.

Pertama, atur strategi dan pilih travel fair sesuai tujuan liburanmu. Bagi kalian yang sudah tahu waktu dan tempat tujuan liburan, lebih baik datang ke travel fair yang sesuai dengan destinasi liburan juga. Misalnya, ingin berlibur ke Jepang, maka pilih travel fair yang punya penawaran-penawaran khusus dan menarik untuk liburan ke Jepang atau bahkan pilih travel fair yang memang khusus menjual tiket pesawat dan destinasi di Jepang.

Kedua, datang lebih awal. Antrian travel fair bukan hal yang asing, bahkan banyak yang rela mengantri untuk masuk ke travel fair sejak pagi bahkan dini hari. Jadi, persiapkan diri untuk datang lebih awal supaya tidak kehabisan penawaran menarik.

Ketiga, bawa bekal minuman dan makanan ringan. Acara travel fair bisa jadi sangat melelahkan karena harus mengantri berjam-jam hingga harus beradu mengejar promo dengan pengunjung lainnya. Bawa minuman dan makanan ringan seperti roti, biskuit, atau cemilan supaya tidak kehabisan tenaga saat sedang berburu tiket liburan.

Keempat, cari inspirasi kegiatan liburan. Sebelum merencanakan liburan dan berburu tiket pesawat di travel fair, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu destinasi hiburan apa saja yang akan kamu kunjungi. Cari inspirasi di blog atau website yang memberikan informasi seputar tempat dan atraksi yang dapat dikunjungi selama liburan.

Kelima, cari tahu tujuan destinasi kamu dengan membaca ulasan. Saat memutuskan sebuah destinasi, ada baiknya melihat ulasan yang ditulis oleh orang yang sudah pernah ke sana agar dapat lebih yakin dan tenang saat mempersiapkan perjalanan.

Keenam, siapkan dokumen-dokumen penting, mulai dari identitas hingga jadwal liburan. Bagi yang akan liburan dengan keluarga ataupun teman, pastikan fotokopi KTP atau paspor seluruh anggota tim yang akan berlibur telah siap dan masih berlaku. Selain itu, siapkan juga kalender yang berisi jadwal hari libur sepanjang tahun untuk memastikan tanggal liburan.

Terakhir, rencanakan liburan dan budget yang diperlukan. Selain destinasi dan waktu liburan, salah satu hal yang paling penting dalam merencanakan liburan adalah budget. Pastikan untuk cari tahu terlebih dahulu promo-promo apa saja yang akan ditawarkan. Tips kecil, siapkan juga kalkulator supaya bisa menghitung dengan cepat sejumlah promo-promo yang ditawarkan di travel fair.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia