Advertisement

Numpang Mandi di Tirta Empul yang Penuh Daya Magis

Newswire
Sabtu, 27 April 2019 - 07:57 WIB
Maya Herawati
Numpang Mandi di Tirta Empul yang Penuh Daya Magis Tirta Empul di Bali - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, DENPASAR—Jika piknik ke Pulau Dewat, selain wisata pantai Anda tentu akan bertandang ke pura. Salah satunya Pura Tirta Empul. Pura ini terletak di Tampaksiring, Gianyar, Bali. Di sana ada mata air suci yang dipercaya bisa membersihkan tubuh dari segala nasib buruk hingga menyembuhkan penyakit berat yang sedang dialami.

Letak Pura Tirtha Empul tak jauh dari Istana Kepresidenan Tampaksiring. Wisatawan yang datang tampak didominasi oleh warga negara asing. Tampaknya kekuatan magis dari tempat ini membuat para pelancong mancanegara penasaran untuk membuktikannya.

Advertisement

Harga tiket masuk ke destinasi wisata ini berkisar mulai Rp30.000 untuk pelancong domestik dan Rp50.000 untuk pelancong manca negara. Ketika memasuki area suci ini, para pelancong diharuskan menaati peraturan seperti tidak memakai celana baik pendek maupun panjang. Itu sebabnya sebelum masuk ke area pancuran, Anda baik laki-laki maupun perempuan akan diberikan kain adat yang dipakai sebagai rok. Di area ini, perempuan yang sedang menstruasi tidak diperkenankan masuk.

Ada juga aturan untuk mengikat rambut baik untuk laki-laki dan perempuan. Pihak manajemen pun menyediakan karet untuk mempermudah pelancong merapikan rambutnya. Wayan mengatakan untuk pengunjung yang ingin mandi di sumber mata air, diwajibkan untuk berganti pakaian dengan kain yang sudah disediakan.

Selanjutnya pengunjung yang ingin melukat di mata air suci ini dianjurkan untuk bersuci di pancuran secara berurutan. Total pancuran sendiri ada 14. Setiap pancuran dipercaya mendatangkan kebaikan yang berbeda-beda. Ada yang untuk membersihkan jiwa dan raga, mencari jalan keluar dari konflik rumah tangga yang dialami, hingga membersihkan diri dari pengaruh ilmu santet.

Di bagian belakang pancuran terdapat sebuah pura di mana masyarakat Hindu melakukan doa dan ritual keagamaan. Pura ini boleh dimasuki pemeluk kepercayaan lain asal menjaga sikap dan menghormati umat Hindu yang sedang menjalani peribadatan.

Di pintu keluar dari pemandian Tirtha Empul, Anda akan mendapati pasar yang menjual beragam pernak-pernik khas Bali mulai dari tas rotan, daster, cardigan, hingga bikini yang bisa ditawar dengan harga murah. Kuncinya jangan takut menawar separuh dari harga yang dikatakan penjual jika tak ingin merasa rugi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Perawatan dan Pengobatan Penyakit Kronis Pada Lansia

Lifestyle
| Kamis, 28 Maret 2024, 08:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement