Bukan Hanya Stupa, Ini Wahana Wisata Lain yang Ada di Dalam Kompleks Candi Borobudur

Ilustrasi Candi Borobudur. - Ist/Borobudur Park
27 April 2019 14:57 WIB Newswire Wisata Share :

Magelang (ANTARA) - Objek wisata Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah terus dibenahi. Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur terus berbenah untuk memperbaiki atau membangun sarana prasarana baru di kawasan candi Buddha terbesar di dunia tersebut untuk menarik wisatawan.

"Kami terus berusaha memperbaiki fasilitas pendukung di kawasan Candi Borobudur agar para pengunjung merasa nyaman," kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana di Magelang  Jumat, (26/4/2019).

Ia menuturkan seperti diketahui kawasan Candi Borobudur yang sudah hijau akan dikembangkan lagi menjadi "go green".

Ia mengatakan pihaknya sudah membuka atraksi baru yaitu berkeliling kawasan candi menggunakan mobil listrik untuk menggantikan kereta kelinci yang ada selama ini.

Kemudian juga Museum Kapal Samoderaraksa sudah dikemas bagus, ada sinema interatif di museum tersebut. Sinema interaktif ini diharapkan menjadi wahana hiburan baru sekaligus sebagai wahana edukasi bagi pengunjung, khususnya anak-anak.

"Sinema interaktif ini semua menggunakan Light Emitting Diode (LED), termasuk lantainya juga menggunakan LED yang seolah-olah kita bisa menginjak laut dengan tidak basah dan di bawahnya sudah ada ikan-ikan," katanya.

Ia menuturkan sinema di Museum Samuderaraksa ini memberikan nuansa baru atau atraksi baru bagi pengunjung, baik dewasa maupun anak-anak untuk bisa lebih mengenal dunia kemaritiman Indonesia.

Putu mengatakan dengan penambahan wahana, pengunjung Borobudur tidak hanya menikmati candi, tetapi juga bisa menyaksikan wahana lain.

"Penambahan wahana ini diharapkan pengunjung tidak hanya menumpuk di atas candi tetapi tersebar di sejumlah wahana yang ada sehingga ikut melestarikan bangunan candi," katanya.

Sumber : Antara