KULINER: Icip-icip Kue Balok dengan Lumeran Cokelat di Dalamnya

Kue balok parikesit - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
07 Mei 2019 08:07 WIB Salsabila Annisa Azmi Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Lembut dan legitnya kue balok parikesit telah menjadi tren kuliner yang meledak di Jogja belakangan ini. Ratusan driver ojek daring selalu terlihat mengantre untuk memesan kue berbentuk kotak dengan citarasa cokelat yang kental ini. Bahkan dalam satu hari, satu outlet bisa menjual ratusan porsi kue balok.

Sekilas penampilan kue balok nampak seperti kue brownies. Teksturnya pun tak jauh berbeda dengan kue brownies. Bagian atas dari kue balok memiliki tekstur renyah di mulut, begitu juga bagian bawahnya.

Menurut owner Kue Balok Parikesit Cabang Tirta Marta, Husna Puspitasari, 27, tekstur ini dihasilkan dari tungku arang yang diletakkan di atas cetakan kue balok. "Ketika kue balok diletakkan di cetakan, atasnya diberi tungku arang, tekstur ini yang bikin permukaan kue jadi crunchy [renyah]," kata Husna.

Ketika digigit, kue balok memiliki tekstur lembut dengan rasa cokelat yang pekat. Ketika gigitan sampai ke bagian tengah kue balok, maka lidah penikmatnya akan merasakan legitnya fla cokelat yang lumer di mulut. Husna mengatakan lumeran fla cokelat itu adalah adonan kue setengah matang. Adonan kue balok sengaja dibuat matang hanya di bagian bawah dan di bagian atasnya saja.

Tingkat kematangan bagian tengah kue bisa dibuat berdasarkan permintaan pelanggan. "Standar waktu kami memanggang adonan sampai tiga menit agar matang seluruhnya alias well cooked. Tetapi banyak juga pelanggan yang minta kuenya dipanggang hanya satu menit supaya cokelat lumernya yang di bagian tengah kue makin banyak," katanya belum lama ini.

Mengenai saran penyajian, Husna mengatakan kue balok paling nikmat dimakan bersama milkshake cokelat dingin. Milkshake akan menambah citarasa manis di lidah penikmat kue balok ini.

Kue balok disajikan dalam sekotak kardus makanan berwarna putih. Satu porsi bisa bervariasi isinya. Mulai dari isi empat buah hingga isi 10 buah, porsi-porsi itu dipatok dari harga Rp10.000 hingga Rp25.000. Dari keseluruhan porsi, porsi berisi 6 dan 8 kue balok menjadi item yang paling laris terjual. Menurut Husna hal itu karena porsi tersebut pas dimakan untuk satu orang. "Mengenyangkan namun tidak terlalu kenyang," ujarnya.

Kue Balok Parikesit juga melayani pemesanan untuk oleh-oleh. Sejak dibuka pada Desember 2018, pesanan oleh-oleh sudah mengular. Biasanya pelanggan memesan dua hari sebelum mereka membawa kue balok ke luar kota sebagai buah tangan. Namun pemesanan oleh-oleh bisa dilayani di atas 20 buah.

Kini seluruh cabang Kue Balok Parikesit ramai dikunjungi pelanggan. Outlet kue balok satu ini ada di Jalan Tirta Marta, Monjali, Jalan Seturan, Jalan Superaya Condongcatur, dan Jalan Lowanu. Husna mengatakan per harinya satu outlet dapat melayani sekitar 200 porsi, porsi tersebut belum termasuk porsi pemesanan untuk oleh-oleh.