KULINER JOGJA: Berburu Es Telo Thailand di Pasar Ramadan Nitikan

Es Telo Thailand - ist
21 Mei 2019 06:17 WIB Salsabila Annisa Azmi Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Ramadan Nitikan menawarkan berbagai macam menu berbuka puasa. Biasanya mendekati jam berbuka, masyarakat sudah mengantre untuk membeli kudapan atau aneka es sebagai teman berbuka puasa. Salah satu kudapan dan es favorit di Pasar Ramadan Nitikan adalah Es Telo Thailand.

Lapak Es Telo Thailand Jogja ini bisa ditemukan di bahu jalan Sorongenen, jika masyarakat datang dari arah Barat, bisa dipastikan akan melihat kerumunan antrean di sebelah kiri jalan. Banner brand Telo Thailand yang berwarna kuning mencolok akan menjadi penanda lapak kudapan satu ini.

Pemilik Es Telo Thailand Jogja, Mitha Tri Wulandari, mengatakan kudapan ini merupakan ide dan kreasinya sendiri. Selama ini Mitha ingin berkreasi dengan bahan baku singkong untuk membuat panganan khas Indonesia ini naik kelas. "Sebenarnya ini singkong biasa, tetapi mengukusnya lebih lama, supaya pulen dan lebih empuk," kata Mitha saat ditemui di Pasar Ramadan Nitikan, Jumat (10/5).

Demi mendapatkan tekstur singkong yang empuk dan memiliki rasa manis, pemilahan bahan baku sangat diperhatikan. Singkong yang dipesan harus diperiksa kematangannya melalui warna kulit dan kebersihan isinya.

Nama Telo Thailand berasal dari ide olahan Mitha yang mirip dengan penyajian panganan khas Thailand yaitu Mango Rice Stick. Singkong yang telah direbus hingga pulen dan empuk kemudian diletakkan di mangkuk plastik. "Ciri khas Es Telo Thailand itu selalu ada saus rahasia racikan kami," kata Mitha.

Saus rahasia Telo Thailand terbuat dari bahan baku santan, susu dan tepung maizena yang diramu menghasilkan tekstur kental namun tidak lengket. Saus itu kemudian disiramkan di atas singkong rebus yang telah matang. Penambahan parutan keju di atas saus tersebut tak boleh dilupakan. Setelah selesai, Telo Thailand kemudian disimpan dalam lemari es.

Sensasi saus gurih yang dingin akan berpadu dengan empuknya tekstur singkong yang memiliki cita rasa manis sekaligus asin. Jika saus diaduk terlebih dahulu bersama singkong thailand, rasa manis dan gurih akan lebih terasa pekat.

"Best seller kami itu Es Telo Thailand saus nangka, saus tadi kami campur dengan potongan nangka kecil-kecil, hampir setiap buka puasa habis diincar pembeli," kata Mitha.

Selain saus nangka, Es Telo Thailand juga menawarkan berbagai macam topping, antara lain cokelat, stroberi, green tea dan oreo. Topping disediakan dalam bentuk parut layaknya parutan keju. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam.

"Cukup dengan Rp8.000 saja, orang sudah bisa mencicipi Es Telo Thailand dengan satu pilihan topping. Kalau dua macam topping, harganya Rp10.000," kata Mitha.