Libur Lebaran, Wisata Lava Bantal Diserbu Ribuan Pengunjung

Para wisatawan saat sedang menikmati wisata Lava Bantal, Sabtu (8/6/2019) pagi. Harian Jogja - Yogi Anugrah.
08 Juni 2019 13:37 WIB Yogi Anugrah Wisata Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kawasan wisata geo heritage Lava Bantal yang terletak di Jogotirto, Berbah, Sleman diserbu ribuan pengunjung selama libur lebaran ini.

Salah satu pengelola wisata Lava Bantal, Marbangun, mengatakan, selama tiga hari Rabu (5/6/2019) hingga Jumat (7/6/2019) objek wisata Lava Bantal sudah dikunjungi sekitar 3.000 wisatawan, dengan kunjungan rata-rata, 1.000 wisatawan per harinya.

“Biasanya ramai sejak pukul 12.00 WIB, hingga sore hari,” kata dia, Sabtu (8/6/2019).

Di musim liburan ini, kata dia, di Lava Bantal juga rutin digelar atraksi kesenian lokal untuk semakin menarik wisatawan.

“Memang beberapa hari ini, wisatawan itu tertarik untuk menonton atraksi, seperti kemarin ada jathilan, itu disini penuh,” ucap dia.

Wisata lava bantal sendiri merupakan batuan lava di aliran Sungai Opak yang terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang membeku dan membentuk geometri mirip tumpukan bantal, sehingga masyarakat sering menyebut wisata lava bantal. Selain menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa berenang hingga river tubing di Area Lava Bantal.

“Kalau untuk river tubbing, itu kami melihat kondisi debit airnya, namun wisatawan yang ingin berenang, bisa berenang karena airnya tergolong bersih,” ucap dia.

Bagi wisatawan yang ingin ke Lava Bantak, jika melakukan perjalanan dari arah Candi Prambanan, Wisata Lava Bantal hanya berjarak sekitar 20 menit dengan melewati jalan Prambanan – Piyungan lalu belok kanan menuju jalan Berbah – Prambanan. Wisata Lava Bantal berada di sebelah selatan jalan raya.