Advertisement

Karya Andra Dipamerkan di Tembi

Ujang Hasanudin
Selasa, 16 Juli 2019 - 12:57 WIB
Sunartono
Karya Andra Dipamerkan di Tembi Andra Semesta dengan karya-karyanya yang dipamerkan di Tembi Rumah Budaya. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Sebanyak 19 lukisan karya Ardiandra Achmadi Semesta atau Andra Semesta dipamerkan di Tembi Rumah Budaya, Sewon, Bantul, sejak 12 Juli hingga 24 Juli mendatang. Salah satu keunikan lukisan Andra adalah musik menjadi salah satu inspirasinya dalam menusngkan ekpresi dalam sebuah karya.

Andra membiarkan dirinya terbawa dalam alunan musik dan liriknya, kemudian ia memvisualisasikan musik yang ia dengar dari melodinya, liriknya, dan harmonisasinya yang ia rasakan tersebut dalam bentuk karya seni lukis.

Advertisement

 “Lukisan-lukisan saya itu ketika saya mendengarkan musik selain siklus inspirasi, dari situ musik merangsang emosi untuk saya menuangkan inspirasi. Seni saya lebih dari ekpresi yang keluar dari dalam jiwa,” kata Andra, Minggu (14/7/2019) malam.

Ia tidak membatasi diri sebuah karya lukisnya akan seperti apa, melainkan hanya sebuah ekpresi musik. Beberapa karya terbarunya yang dipamerkan adalah visualisasi lagu di antaranya Mistski’s Be the Cowboy, Vampire Weekend’s Father of the Bride, This Life.

Andra mengatakan seni yang berawal dari musik, kemudian menjadi sebuah seni rupa, tidak hanya berhenti sampai seni rupa, namun juga bisa menghasilkan seni lainnya, salah satunya foto dari objek seni rupa. Karena itu pameran yang ia gagas bertema The Eternal Cycle, yang ia maknai sebagai siklus perputaran kehidupan. Karena seni bisa mengespresikan seni yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Makna dan Sejarah Telur Paskah, Simbol Kebangkitan Yesus Kristus

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement