Advertisement

7 Kesenian di Prawirotaman Tarik Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Lugas Subarkah
Minggu, 15 Desember 2019 - 01:17 WIB
Nina Atmasari
7 Kesenian di Prawirotaman Tarik Wisatawan Lokal dan Mancanegara Salah satu penampilan dalam Saturday Culture at Prawirotaman, di halaman Hotel Pandanaran, Sabtu (14/12/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Untuk senantiasa menghibur wisatawan di Kampung Bule Prawirotaman, Hotel Pandanaran Prawirotaman kembali menggelar kegiatan pertunjukan seni dan budaya dengan tema Saturday Culture at Prawirotaman pada Sabtu (19/12/2019) di halaman Hotel Pandanaran.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari Dinas Pariwisata Provinsi DIY dengan Paguyuban Pengusaha Pariwisata Prawirotaman (P4Y) dan Hotel Pandanaran Prawirotaman Yogyakarta. Ada tujuh kesenian tradisi yang ditampilkan dalam kegiatan ini.

Advertisement

Sejumlah penampilan ini diantaranya tari Sekar Pujiastuti, tari Golek Sulung Dayung, tari Beksan Tunggak Pamungkas, tari Beksan Minakrengganis Widaninggar, tari Bambangan Cakil, fragmen "Kridhaning Jarong" dan jathilan. Selain menampilkan berbagai macam tarian, para pengunjung juga dimanjakan dengan bazar makanan kekinian dan kerajinan khas kota Jogja.

Kegiatan dimulai pukul 15.00 WIB sampai 23.00 WIB. Meski cuaca mendung dan sempat gerimis, sekitar 300 pengunjung dari lokal dan mancanegara memadati jalan Prawirotaman dan terlihat menikmati setiap pertunjukan tari yang ditampilkan. Acara kemudian ditutup dengan suguhan musik tembang kenangan dari komunitas pecinta band Koes Plus.

Kabid Pengembangan kapasitas Dinas Kebudayaan DIY, Wardoyo, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan rutin dari Dinas Pariwisata agar kesenian di DIY terus eksis di tengah perkembangan zaman seperti sekarang ini.

"Kami ingin menyuguhkan pertunjukan seni budaya yang dapat dinikmati oleh masyarakat lokal maupun turis mancanegara, terutama di daerah Prawirotaman. Ini bisa menjadi penguat karakter dan potensi pariwisata di Prawirotaman," ujarnya.

Public Relations Hotel Pandanaran, Afida, mengatakan kegiatan ini rutin digelar bersama P4Y maupun Dinas Pariwisata DIY, untuk memperkuat daya tarik Prawirotaman bagi para wisatawan.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar dapat dinikmati oleh turis lokal maupun turis asing, sehingga daerah Prawirotaman menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah wisata lain di Jogjaā€¯, ungkapnya.

Ia menambahkan, selain Saturday Culture at Prawirotaman, Hotel Pandanaran Prawirotaman juga akan menyelenggarakan acara Fiesta New Year Party dalam rangka menyambut malam tahun baru 2020, pada Selasa (31/12/2019) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Lari Bukan Hanya Olahraga Kardio, Ini Deretan Manfaatnya

Lifestyle
| Senin, 18 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement