Ini Lima Jurus Ampuh Atasi Kemacetan di Jogja saat Liburan 

Wisatawan mengunjungi pasar hewan sekaligus salah satu objek wisata di Kota Jogja menggunakan sepeda. - Ist
30 Desember 2019 21:57 WIB Media Digital Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Berlibur di kota wisata seperti Kota Yogyakarta tentunya sangat mengasyikkan. Namun jangan sampai macetnya jalan raya membuat liburan terganggu. Berikut ada tips mengatasi macet di Kota Yogyakarta dengan 5Ber nan seru :

1. Bersepeda

Macetnya jalan raya, umumnya terjadi lantaran jumlah kendaraan bermotor yang membludak. Untuk menghindari bertambahnya penggunaan kendaraan bermotor, kamu bisa mencoba Bersepeda sambil berwisata di Kota Yogyakarta.

Selain menyehatkan, bersepeda memungkinkan kita mengeksplor Kota Yogyakarta jadi lebih seru. Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan Jogja Bike di titik-titik strategis agar bisa diakses wisatawan dengan mudah.

Pun, dengan bersepeda, menyusuri jejak sejarah di kawasan Jeron Beteng semakin membuat kita takjub dan sayang dilewatkan. Dengan bersepeda, menelusuri eksotisnya labirin kawasan Kotagede menjadi lebih asyik.

2. Berjalan Kaki

Selain andil mengurangi polusi, jalan kaki jadi alternatif nih buat wisata. Banyak destinasi di Kota Yogyakarta yang bisa disisir dengan berjalan kaki.

Misalnya di Kotabaru yang kaya dengan Bangunan Heritage Indies, kita memulai berjalan dari Suroto yang berjuluk Old City Garden kemudian lanjut ke Museum Sandi.  Selanjutnya, umat muslim dapat beribadah sebentar di Masjid Syuhada yang bersejarah di Yogyakarta.

Bagi umat Katolik, bisa mengunjungi Gereja Santo Antonius Kotabaru untuk melakukan peribadatan. Jika ingin menikmati wisata yang unik, tidak jauh dari kawasan Kotabaru kita bisa berjalan menyusuri Kali Code sekaligus untuk melihat jejak sejarah karya Romo Mangun.

3. Berenang 

Staycation juga bisa menjadi alternatif terbaik menikmati liburan. Nikmati fasilitas hotel secara maksimal dengan cara berenang. Selain baik untuk kesehatan, faktanya berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi yang dialami saat berkegiatan sehari-hari. Bahkan tidak jarang, staycationers memanfaatkan aktivitas berenang untuk mendapatkan foto-foto liburan yang seru.

4. Berbelanja 

Bosan melakukan shopping di mall? Tenang, kamu masih bisa menyalurkan hobi cuci matamu untuk melihat pernik-pernik khas Yogyakarta di Pasar Beringharjo.

Di pasar yang terletak di kawasan Malioboro ini, kita dapat menikmati jajanan lokal, batik, kerajinan dan paling seru mengasah kemampuan kita tawar-menawar.

5. Bercanda Gurau

Berkat teknologi, kita bisa memantau kemacetan dengan mudah lewat aplikasi navigasi atau GPS. Tidak hanya mengetahui titik-titik keramaian secara real time, aplikasi navigasi pun bisa mengarahkan kita utuk mengarahkan ke jalan alternatif.

Namun jika semua itu tidak berjalan sesuai keinginanmu, cukup ubah navigasimu ke cafe atau resto yang tak jauh dari lokasimu. Kawasan Kotabaru dan Sagan kini menyediakan beragam tempat nongkrong yang membuat staycationmu menjadi lebih berkesan.

Ajak teman-temanmu berkumpul untuk berbagi pengalaman seru sampai lupa waktu.

“Kami mengajak para wisatawan mancanegara dan domestik yang mengunjungi kota Jogja untuk ikut mencoba alternatif 5Ber ini, BerSepeda, BerJalan Kaki, BerRenang, BerBelanja, BerCanda Gurau agar semakin mengasyikkan saat liburan akhir tahun di Kota Jogja," ujar Yetti Martanti selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.