Advertisement

Indonesia Tutup Pintu Pariwisata Internasional hingga Akhir 2020

Nirmala Aninda
Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:57 WIB
Nina Atmasari
Indonesia Tutup Pintu Pariwisata Internasional hingga Akhir 2020 Menteri Badan Usaha Milik Negara sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Optimis Bangkit dari Pandemi di Jakarta, Sabtu (15/8/2020). - Kominfo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid019 membuat banyak aktivitas masyarakat dibatasi. Pintu kedatangan untuk wisatawan mancanegara sepertinya harus menunggu pertimbangan yang lebih lama, setidaknya hingga akhir tahun 2020.

Menurut Erick Thohir, penundaan ini bukan tanpa alasan sebab dengan ketersediaan obat atau vaksin Covid-19 yang belum dapat dipastikan, pemerintah tidak ingin mengambil risiko terbentuknya kluster penularan baru.

Advertisement

Baca juga: Terganggu SMS Promosi, Seorang Pelanggan Gugat Indosat

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu menuturkan bahwa untuk sementara pembukaan pariwisata untuk wisatawan asing masih ditinjau.

Apalagi, dia menekankan imunisasai vaksin Covid-19 diperkirakan baru akan tersedia sekitar tahun depan.

"Bukan berarti kita anti wisata asing, jangan sampai program ini dibuka lalu terjadi klaster baru. Yang tadinya daerah sudah jadi [zona] hijau tiba-tiba jadi hitam lagi," ujar Erick pada webinar Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Optimis Bangkit dari Pandemi, Sabtu (15/8/2020).

Adapun, dengan dibukanya kembali pariwisata untuk wisatawan lokal bukan berarti pemerintah mengenyampingkan risiko penyebaran virus kluster domestik.

Baca juga: Patok Tol Solo-Jogja Dipasang, Pemilik Lahan Mulai Kumpulkan Berkas

Pelonggaran pembatasan sosial saat ini tetap dengan penerapan protokol yang ketat, seperti yang sudah ditentukan dalam protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya bagi para pelaku usaha maupun konsumen di sektor pariwisata.

"Kita enggak mau progress yang baik, hasil kerja keras tim Indonesia Sehat, harus mengulang dari titik 0 karena ada klaster baru. Pada prinsipnya kita mendukung tapi harus ada koordinasi yang tepat. [Ini juga] bukan berarti kita tidak memastikan keamanan wisata lokal. Boleh berwisata tapi protokol kesehatan harus dijalankan," ujar Erick.

Untuk saat ini, wisatawan domestik lebih didorong untuk menikmati pariwisata dalam negeri bersamaan dengan prioritas pembangunan wisata lokal.

Sebelumnya, tahapan pemulihan sektor pariwisata dilakukan pertama kali di Bali, sebagai barometer pariwisata Indonesia, pada 9 Juli 2020 dengan membuka aktivitas ekonomi masyarakat secara bertahap dan terbatas.

Untuk tahap kedua akan dilakukan pada 31 Juli 2020, aktivitas pariwisata dibuka namun hanya untuk wisatawan nusantara.

Selanjutnya untuk tahap ketiga, direncanakan akan dilakukan pada 11 September 2020 dengan membuka sektor pariwisata secara penuh dan sudah mulai membuka untuk kunjungan wisatawan mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Minum Ramuan Jahe Cocok saat Puasa dan Kala Hujan

Lifestyle
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement