KABAR WISATA: Bukit Panguk Kediwung Surganya Spot Selfie

Spot foto di Bukit Panguk Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. - Instagram @krisna.asfiz.
19 Oktober 2020 14:07 WIB Sunartono Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bukit Panguk Kediwung yang berada di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul menjadi salah satu destinasi wisata yang super menarik di wilayah DIY. Di tempat wisata berbasis masyarakat ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang tidak bisa ditemukan di wilayah lain.

Bukit ini dibuka sebagai tempat wisata untuk umum pada medio Mei 2016 silam. Saat itu memang tidak sepopuler destinasi wisata di sekitarnya, seperti Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Namun di 2020 ini kawasan wisata ini mulai terkenal karena memiliki khas spot foto seperti di atas awan.

BACA JUGA : Bus Wisata Malioboro-Parangtritis, Malioboro-Baron, & YIA 

Wisata ini berjalan berkat kreativitas warga sekitar yang bisa melihat peluang kondisi alam kemudian dibangun sejumlah tempat untuk berfoto. Dalam sehari sebelum pandemi Covid-19 ada ratusan pengunjung yang dating. Sehingga memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitar.

Jalur tercepat dari Kota Jogja anda bisa langsung menuju ke Simpang Empat Terminal Giwangan (ringroad selatan). Dari Kota Jogja bisa ditempuh perjalanan sekitar 1,5 jam untuk kondisi normal dengan jarak sekitar 24 kilometer. Dari simpang empat Terminal Giwangan terus menuju ke selatan melewati sepanjang Jalan Imogiri Timur sampai pada titik paling selatan yaitu Kantor Kecamatan Imogiri. Kemudian berbelok ke kiri atau ke timur menuju ke arah Jalan Makam Raja sampai di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Selama menempuh perjalanan di Kawasan Mangunan tersebut nanti ada petunjuk arah untuk berbelok ke kiri menuju ke Puncak Kediwung.

Jalan menuju puncak Kediwung cukup terjal. Jadi pastikan kendaraan dalam kondisi baik ketika harus melalui tanjakan. Khusus untuk bus pariwisata untuk yang berukuran besar tidak direkomendasikan menuju ke Puncak Kediwung, melainkan bisa parkir di Desa Mangunan kemudian bisa menggunakan shuttle.

“Bus medium dan medium long bisa langsung ke lokasi bosque.sementara big bus di himbau parkir di parkir desa mangunan atau @seribubatu_songgolangit Selanjutnya kita bantu jasa shutle seperti dalam video.info bisa japri mimin,” tulis akun @bukitpanguk_kediwung pada Agustus lalu.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Wisata Jogja Terdongkrak Sepeda

Bagi yang jarang melewati jalur terjal mungkin menjadi tantangan tersendiri. Namun setibanya di tempat wisata ini anda akan geleng-geleng kepala karena merasakan sensasi yang benar-benar beda. Anda seperti berada di atas awan yang dikelilingi pemandangan super ciamik di sekitarnya.

Pengelola menyediakan sejumlah spot selfie yang menarik sekaligus menantang. Salah satunya terbuat dari tatanan kayu yang telah diukur standar kekuatannya untuk menampung sejumlah orang. Spot ini tidak diberikan pembatas di kiri maupun kanan. Objek ini menarik karena hasil fotonya lebih mengagumkan karena seperti duduk atau berdiri di atas awan yang tinggi.

Spot lain di lokasi yang sama disediakan dengan pembatas dengan beragam model, salah satunya model seperti perahu yang juga banyak diminati pengunjung. Anda bisa memilihnya dan pastikan proses pengambilan gambar harus dilakukan dengan hati-hati.

Dengan merogoh Rp9.000 bisa melakukan foto di beberapa spot mulai dari spot kupu-kupu, pulau, kereta kencana, kotak dan gerbang awan hingga yang spot berbentuk tanda cinta.

Waktu kunjungan yang paling menarik adalah saat matahari terbit atau terbenam. Karena pemandangan terlihat sangat indah jika tidak mendung. Jika ingin saat matahari terbit, maka pengunjung bisa mencari penginapan atau homestay di sekitar bukit Panguk Kediwung ini. Lalu sekitar pukul 05.00 WIB meluncur ke lokasi. Selain udara yang segar dan bersih, mata anda akan tercuci dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

BACA JUGA : Wisatawan Luar DIY Mulai Berdatangan

Jika ingin berlibur di destinasi ini selama pandemi, pastikan anda mematuhi protokol kesehatan. Selalu gunakan masker dan menjaga jarak.