Advertisement

415 Tempat Wisata di Jateng Sudah Dibuka Kembali

Alif Nazzala R.
Sabtu, 07 November 2020 - 17:47 WIB
Nina Atmasari
415 Tempat Wisata di Jateng Sudah Dibuka Kembali Wisatawan berfoto bersama dengan menjaga jarak di Candi Gedong Songo Semarang. - Bisnis/Alif

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG - Meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, saat ini sudah 415 tempat wisata di Jawa Tengah yang dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng Tanti Apriani mengatakan, sudah ada 415 tempat wisata yang menjalani simulasi dan dinyatakan siap untuk dibuka kembali.

Advertisement

"415 tempat wisata tersebut telah melakukan simulasi dan diawasi langsung oleh Pemkot maupun Pemkab setempat, sehingga siap untuk dibuka kembali di masa adaptasi kebiasaan baru," katanya Sabtu (7/11/2020).

Baca juga: Macapat Untuk Milenial Akan Tampilkan Siswa SMP hingga SMA di Kota Jogja

Sedangkan, menurutnya ada beberapa tempat wisata yang kembali ditutup akibat adanya wisatawan yang terkonfirmasi positif Covid-19."Beberapa tempat wisata air seperti Umbul Ponggok ditutup kembali karena adanya wisatawan yang positif Covid-19 dan dikhawatirkan jadi klaster baru," tambahnya.

Tanti menambahkan, untuk mendongkrak kunjungan wisata yang sempat turun drastis akibat pandemi Covid-19, pihaknya menggandeng influencer serta duta wisata untuk mempromosikan tempat wisata tersebut.

Baca juga: Merapi Siaga, Warga Kemalang Siap Mengungsi

"Untuk tahap pertama Disporapar Jateng terlebih dahulu mengeksplore tempat wisata yang berada di Semarang sampai ke Magelang," ujarnya.

Koordinator Lapangan Candi Gedongsongo, Siswanto menuturkan, sebelum pandemi, pihaknya bisa menjual tiket hingga 3.000 lembar saat weekend. "Sekarang rata-rata 1.000-1.500 saat Sabtu-Minggu," tambahnya.

Artinya, Gedongsongo tidak perlu menerapkan pembatasan kunjungan sebagai bagian dari penetapan protokol kesehatan. "Kami tidak ada pembatasan jumlah wisatawan karena memang sudah 50 persen (dari sebelum pandemi)," jelasnya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pengembangan Kawasan Peruntukan Industri di Bantul Terkendala, Ini Penyebabnya

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 10:07 WIB

Advertisement

alt

3,3% Calon Dokter Spesialis di Indonesia Alami Depresi, Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental

Lifestyle
| Rabu, 17 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement