Protokol Kesehatan Wajib Diterapkan di Embung Pule

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
08 November 2020 18:37 WIB Jumali Wisata Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pandemi Covid-19 tidak membuat warga di Bantul berhenti berkreasi. Sejumlah objek wisata baru akan dibuka.

Salah satunya dilakukan Pokdarwis Desa Caturharjo, Pandak, Bantul. Mereka telah mengajukan izin pembangunan Taman Eduwisata Keluarga Embung Pule dan Pembangunan Taman Budaya Watu Kemloso.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Bantul Suprianto, Minggu (8/11/2020), mengungkapkan pengajuan izin prinsip telah dilayangkan oleh Pokdarwis Desa Caturharjo, beberapa waktu lalu. Jawatannya telah menggelar dua kali rapat terkait dengan pengajuan perizinan usaha pertama tersebut.

“Memang sudah dua kali rapat. Mereka mengajukan izin prinsip untuk Embung Pule dan Watu Kemloso. Hingga kini semua masih berjalan,” kata Suprianto.

Meski baru sebatas mengajukan izin, Suprianto mengaku telah meminta kepada pokdarwis setempat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami hanya ingatkan saja. Mereka harus tetap ke depankan protokol kesehatan ke depannya,” kata dia.

Sementara Kepala Seksi Obkek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Bantul, Alexander Joko Wintolo, menyatakan sampai saat ini belum mengetahui apakah izin untuk pembukaan Embung Pule dan Watu Kemloso telah diajukan ke jawatannya. Namun, secara prinsip, jawatannya meminta kepada pokdarwis untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Selain itu, mereka juga harus menerapkan Pranata Plesiran Yogyakarta. Pengunjung harus mengenakan masker, mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir dan menjaga jarak. Ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona di kawasan wisata,” ungkapnya.