Begini Indahnya Tugu Pal Putih Tanpa Kabel Melintang, Bikin Kangen Jogja!

Tugu Pal Putih Jogja tanpa kabel melintang. - Ist/tangkapan layar Instagram
17 Desember 2020 22:27 WIB Nina Atmasari Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Tugu Pal Putih Jogja yang menjadi ikon Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sedang direnovasi. Tahapan renovasi hampir rampung, dan saat ini sudah terlihat hasilnya.

Salah satu yang paling terlihat adalah tidak adanya kabel yang melintang di sekitar tugu. Sebelumnya, banyak kabel melintang di empat sisi jalan di kawasan perempatan tersebut.

Keindahan Tugu Jogja tanpa kabel saat sudah tidak ada kabel melintang mulai banyak diabadikan oleh pencinta fotografi. Salah satunya adalah diunggah oleh akun instagram @fandiryan. Pada Rabu (16/12/2020) akun tersebut mengunggah foto suasana di Tugu Pal Putih di malam hari.

"JOGJA MAKIN ISTIMEWA!!!
Mengintip proses penyelesaian revitalisasi tugu jogja dari sudut yang berbeda. Kabarnya akan rampung pekan ini.
*FYI : tugu jogja sudah bebas kabel gais, jadi makin aesthetic aja nih buat foto." tulisnya.

Ada empat foto yang diunggahnya. Meski masih tampak properti proyek perbaikan, namun Tugu di foto tersebut menampakkan keindahannya karena langit yang bersih tanpa gangguan pemandangan kabel.

Foto lain diunggah oleh akun @tugu.jogjakarta, Kamis (17/12/2020). Dalam foto berisi seorang perempuan duduk di tepi jalan dekat tugu tersebut, tampak tugu berdiri dengan latar belakang langit yang bersih. "Wajah baru tugu jogja...bersih tanpa ada kabel2 diatas," tulisnya.

Adapun foto yang diunggah akun @awangelap21 menampakkan Tugu Jogja yang indah di malam hari. Foto tersebut melihat tugu dari atas, melalui foto yang diambil menggunakan drone.

"Live Post
Dari kawasan TUGU JOGJA
yang baru dan bersih tanpa kabel dan Pembatas jalan," tulisnya dalam foto yang diunggah Rabu (16/12/2020).

Pemda DIY dalam akun twitter @humas_jogja menjelaskan renovasi kawasan Tugu Pal Putih Jogja bertujuan untuk menata estetika kawasan Tugu. Dengan skema ducting, kabel listrik dan fiber optik dipindahkan ke bawah tanah, turun 140 meter melintang dari sisi selatan menuju utara.

Tugu Pal Putih (De Witte Paal) sendiri merupakan salah satu icon keistimewaan DIY yang didirikan setahun setelah Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat berdiri, sekitar tahun 1756.

Nah, gimana, foto-foto Tugu Jogja bikin makin kangen Jogja kan? Jangan lupa, jika berkunjung tetap jaga protokol kesehatan ya!