Ada Wisata Jelajah Bandara YIA Kulonprogo, Cek Tarifnya!

PT Angkasa Pura (AP) I meluncurkan layanan keliling bandara bertajuk Airport Education Tour Discover YIA pada Senin (12/4/2021/2021)-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
12 April 2021 20:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Wisata Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--PT Angkasa Pura (AP) I meluncurkan layanan keliling bandara bertajuk "Airport Education Tour Discover YIA" pada Senin (12/4/2021). Program tersebut digagas oleh AP I guna memfasilitasi warga yang ingin berwisata di YIA.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Wildasari Suradji mengatakan wisata edukasi yang digagas oleh AP I untuk memberikan pengalaman bagi pengunjung dari mulai menjejakkan kaki di bandara YIA sampai dengan ke runway pesawat untuk landing maupun take-off.

"Dengan adanya wisata edukasi discovery YIA ini kita bisa bercerita lebih banyak tentang Jogja melalui airport ini. Selama ini, khususnya pada sore hari banyak warga yang datang ke YIA. Tapi hanya bisa sampai di depan bandara. Sekarang, orang bisa datang ke airport dari mulai ruang check-in, ruang tunggu, bahkan sampai di runway pesawat," ujar Devy saat diwawancarai pada Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, wisata edukasi di bandara YIA sendiri dibanderol sebesar Rp200.000. Akan tetapi, selama empat bulan ke depan harga wisata edukasi di Bandara YIA dibanderol dengan harga Rp85.000.

"Rp85.000 per orang. Nantinya tiap pengunjung akan mengelilingi airport yang dipandu oleh guide yang memberikan informasi dari mulai awal wisata edukasi mulai dari awal hingga akhir tour. Per sesinya, pengunjung akan dimanjakan dengan perjalanan keliling bandara selama dua jam," kata Devy.

Rute yang diberikan kepada pengunjung yang berkeinginan menjajal wisata edukasi di bandara YIA awalnya akan berkumpul di drop zone di terminal keberangkatan. Kemudian, pengunjung akan masuk ke zona check-in sampai dengan ruang tunggu penumpang hingga berakhir di pengambilan bagasi penumpang di terminal kedatangan.

"Seperti penumpang ya pengalamannya. Bahkan sampai ke runway. Pengunjung juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan petugas fire fighter bandara YIA. Jadi, pengalaman sebagai penumpang bisa dirasakan oleh setiap pengunjung," kata Devy.

Dua bus disediakan oleh bandara YIA untuk memfasilitasi wisatawan menuju ke runway. Satu busnya bisa menampung sekitar 20 orang. Di dalam bus, nantinya disediakan snack bagi wisatawan yang menjajal wisata edukasi di bandara YIA.

BACA JUGA: 5 Gejala Diabetes Ini Sering Tidak Disadari

"Satu hari bisa melayani sampai enam kali wisata edukasi di bandara YIA. Karena kan satu kali sesi membutuhkan sekitar dua jam. Sedangkan, masa operasional bandara YIA masih 12 jam. Penerbangan terakhir kita itu kan jam 19.00 WIB," kata Devy.

Wisata edukasi di bandara diklaim oleh Devy baru terlaksana di bandara YIA di bawah naungan AP I. Terlebih, tidak semua bandara di dunia khususnya, mau memberikan layanan wisata edukasi di airport.

"Ini adalah destinasi baru ya di Jogja. Saya sih belum pernah lihat di bandara lain di Indonesia. Bandara di dunia juga belum 100 persen membuka diri selama masa pandemi Covid-19 ya," kata Devy.