Advertisement

Covid-19 Melonjak, 6 Kabupaten di Jateng Tutup Objek Wisata

M Faisal Nur Ikhsan
Selasa, 08 Juni 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Covid-19 Melonjak, 6 Kabupaten di Jateng Tutup Objek Wisata Ilustrasi - Pengendara melintas di kawasan wisata Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah mencatat per 8 Juni 2021 ada 6 kabupaten yang menutup objek wisata karena lonjakan Covid-19

Berdasarkan data Disporapar Provinsi Jawa Tengah, dari 690 DTW yang terdaftar secara resmi, 136 di antaranya telah ditutup sementara. Penutupan dilakukan melalui surat edaran yang ditandatangani kepala daerah di masing-masing wilayah.

Advertisement

“Kabupaten yang mengambil kebijakan penutupan seluruh objek wisata adalah Demak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Kabupaten Semarang, “ jelas Kasi Pengembangan Daya Tarik Wisata (DTW) Riyadi Kurniawan, Selasa (8/6/2021).

Kepada JIBI, Riyadi mengungkapkan ada 14 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah yang menutup sebagian DTW-nya. 

Kabupaten/Kota tersebut adalah Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Grobogan, Karanganyar, Kendal, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Surakarta, Pemalang, Sragen, Sukoharjo, dan Wonosobo.

Masyarakat diimbau menghindari objek wisata di zona merah dan oranye penyebaran Covid-19.

“Kalaupun ingin berwisata, selalu terapkan 5M dan protokol kesehatan secara ketat. Update selalu informasi zonasi pada DTW yang dituju,” jelas Riyadi.

Pengelola DTW di Jawa Tengah juga diminta menaati kebijakan yang telah diambil pemerintah.

“Manakala pada zona merah bisa secara mandiri menutup usahanya dan selalu melakukan penegakan protokol kesehatan. Selain itu, memperkuat paket wisata yang berorientasi pada pengalaman wisata yang personalized, localized, dan smaller in size,” jelas Riyadi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Jepara telah menutup seluruh objek wisatanya sejak 3 Juni 2021.

“Penutupan sementara ini dimulai Kamis (3/6/2021) hingga Senin (14/6/2021), serta menunggu perkembangan lebih lanjut,” jelas Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga menyampaikan ada 8 daerah di Jawa Tengah yang kini berstatus zona merah penyebaran Covid-19.

“Seperti yang sudah diprediksikan, dua minggu pascaliburan terjadi kenaikan. Awalnya hanya 3 Kabupaten/Kota yang masuk zona merah, yakni Kudus, Brebes, dan Sragen. Namun saat ini, ada 8 yang masuk zona merah, yakni Kudus, Demak, Grobogan, Pati, Jepara, Sragen, Kabupaten Tegal, dan Brebes,” kata Ganjar, Senin (7/6/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Resep Jangan Ndeso Lombok Ijo Khas Gunungkidul yang Nikmat untuk Disantap

Lifestyle
| Senin, 22 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement