10 Negara Ini Tidak Memiliki Pasukan Militer

Aruba sudah menjadi negara terpisah dari Kerajaan Belanda sejak 1986. - Aruba
29 Juni 2021 07:47 WIB Ni Luh Anggela Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Hampir semua negara memiliki pasukan militer yang bertugas untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayahnya, serta melindungi wilayah dan rakyat dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negaranya.

Bagi banyak orang, kekuatan militer adalah simbol ketertiban, perlindungan, dan keamanan wilayah. Meski bagi sebagian orang mungkin kontradiksi, ada negara yang berhasil menjaga keamanan rakyatnya tanpa memiliki kekuatan militer.

Negara-negara yang tidak memiliki kekuatan militer ini beberapa di antaranya mengandalkan pasukan polisi mereka, dan yang lain melakukannya pada perjanjian internasional.

Menurut laporan Daily Amazing Things, Senin (28/6/2021), berikut adalah 10 negara yang tidak memiliki kekuatan militer sendiri.

1. Andorra

Dengan populasi 85.000 orang, Andorra tidak memiliki kekuatan militer sendiri, meskipun mereka memiliki Korps Polisi Nasional untuk menangani hukum di negara ini. Karena kedekatan mereka, Andorra telah membuat perjanjian dengan Spanyol dan Prancis sehingga negara-negara ini bertanggung jawab atas perlindungan militer Andorra.

2. Kosta Rika

Meski tidak memiliki kekuatan militer, tetapi mereka sangat bangga dengan situasi itu. Setiap 1 Desember di Kosta Rika, mereka merayakan Hari Penghapusan Angkatan Darat untuk memperingati keputusan yang diambil pada 1948 untuk tidak memiliki militer setelah perang saudara. Di negara ini, pasukan polisi biasanya digunakan untuk tujuan pertahanan.

3. Aruba

Meski Aruba sudah menjadi negara terpisah dari Kerajaan Belanda sejak 1986, namun pertahanan negara ini tetap menjadi tanggung jawab Belanda. Layanan keamanan nasional mereka memfokuskan energi mereka untuk memerangi kejahatan dan terorisme lokal.

4. Kepulauan Cook

Kepulauan ini dinamai Kapten James Cook, setelah negara pulau di Pasifik Selatan ini memiliki perjanjian dengan Selandia Baru dalam hal perlindungan mereka. Kepulauan Cook berada dalam asosiasi bebas dengan Selandia Baru dan itu termasuk pertahanan mereka, tetapi hanya atas permintaan pulau itu.

5. Curacao

Orang-orang Curacao memilih untuk menjadi negara dengan pemerintahan sendiri di dalam Kerajaan Belanda pada tahun 2009, tetapi itu tidak mencegah Belanda untuk mengambil alih perlindungan pulau itu. Bahkan, penjaga pantai Karibia Belanda juga memberikan keamanan maritim untuk Curacao.

6. Greenland

Secara geografis Greenland adalah bagian dari Amerika Utara, tetapi sebenarnya itu adalah wilayah Denmark. Pada tahun 2009, Greenland mengesahkan Undang-Undang Pemerintahan Sendiri, tetapi Denmark terus memiliki kendali atas beberapa bidang kebijakan, termasuk pertahanan pulau ini. Oleh karena itu, Greenland tidak memiliki kekuatan militer sendiri.

7. Islandia

Secara teknis, Islandia telah tanpa kekuatan militer sejak 1869. Anggota NATO, organisasi ini telah memberikan perlindungan militer untuk Islandia di berbagai momentum. Mereka juga memiliki perjanjian dengan AS tentang masalah keamanan teritorial.

8.  Liechtenstein

Negara kecil ini tidak dapat menanggung biaya kekuatan militer, jadi mereka menghapusnya pada tahun 1868 dan tidak memilikinya sejak saat itu. Pasukan polisi nasional mereka bekerja sama dengan kekuatan militer Austria dan Swiss, tetangga mereka. Liechtenstein juga memiliki ketentuan untuk pembentukan tentara jika terjadi perang.

9. Pulau Marshall

Kepulauan Marshall tidak pernah memiliki kekuatan militer sejak pembentukannya. Bahkan setelah kemerdekaan mereka dari Amerika Serikat pada 1986, AS masih memberikan pertahanan militer bagi mereka. Pasukan polisi mereka juga bekerja sama dengan keamanan pulau.

10. Monako

Monaco, juga dikenal sebagai negara terkecil kedua di dunia, meninggalkan investasi militer mereka pada abad ke-17. Mereka memiliki dua unit militer kecil, salah satunya untuk melindungi Pangeran. Prancis menyediakan pertahanan militer untuk mereka.

Sumber : JIBI/Bisnis.com