Advertisement

Di Dusun Ini, Anda Bisa Belajar Bikin Keris Langsung dari Keturunan Empu

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 10 Juli 2021 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Di Dusun Ini, Anda Bisa Belajar Bikin Keris Langsung dari Keturunan Empu Salah satu perajin keris di Banyusumurup menunjukkan keris bikinannya. - Starjogja.com

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Kerajinan keris di Dusun Banyusumurup, Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Bantul telah ada dan mulai digeluti oleh masyarakat sudah lama sejak tiga abad silam. 

Untuk mengunjungi Dusun Banyusumurup, wisatawan cukup menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Kota Jogja menggunakan kendaraan pribadi. Saat memasuki kawasan desa wisata, Anda akan disambut dengan gapura berhiaskan keris yang menunjukkan bahwa Anda telah sampai di desa wisata kerajinan keris di Banyusumurup.

Advertisement

Di sana, ada galeri keris yang bisa dijadikan tujuan wisatawan untuk mengenali berbagai jenis keris sesuai pamor dan kegunaannya. Anda bisa belajar seni dan budaya terkait filosofi keris dengan para pengrajin di sini.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan keris secara langsung. Bahkan, jika melakukan reservasi sebelumnya, wisatawan juga bisa mengambil paket wisata praktik membuat keris maupun warangkanya sendiri.

Dilansir dari Antara, bahan utama membuat warangka ialah lempeng kuningan, tembaga, perak, dan ada juga yang berasal dari emas murni. Pemesan bisa menyesuaikan bahan yang dikehendakinya.

Pembuatan keris di desa ini menggunakan peralatan yang sederhana. Meski begitu, prosesnya tak sesederhana peralatannya, karena menggunakan teknik tempa yang rumit pada berbagai motif pamor pada logamnya.

Saat terbaik untuk mengunjungi Dusun Banyusumurup ialah ketika pagi hari. Suasana pedesaan yang asri dan dekat dengan bukit membuat wisatawan bisa merasakan kesejukan desa setempat.

Apalagi, perajin di sini tidak membuat semua bagian keris di satu tempat saja. Pasalnya keahlian setiap perajin berbeda-beda.

Ada yang khusus membuat warangkanya, pegangannya, serta keris itu sendiri. Sehingga berkeliling ke berbagai lokasi produksi bisa memakan waktu seharian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bus Terbakar di Ring Road Gamping, 10 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Kiat Menjaga Kesehatan, Jaga Kualitas Waktu Tidur

Lifestyle
| Kamis, 18 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement