7 Kota Paling Ramah Sepeda di Seluruh Dunia

Wisatawan asing beraktivitas di kawasan wisata Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Rabu (8/8/2018). - ANTARA/Ahmad Subaidi
15 Juli 2021 18:37 WIB Janlika Putri Indah Sari Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kegiatan bersepeda menjadi tren saat masa pandemi.

Dengan bersepeda, seolah memberikan kesempatan merasakan kebebasan saat mengayuh sepeda di kota dan di antara pemandangan alam.

Petualangan dengan sepeda juga dianggap sebagai jenis perjalanan yang relatif lebih aman di tengah Covid-19.

Apalagi, dengan bersepeda dapat mengurangi kontak dengan orang lain selama perjalanan.

Dilansir dari koreatimes, berikut rekomendasi kota ramah sepeda di dunia:

1. Hoi An, Vietnam

Hoi An adalah kota pelabuhan yang terletak 30 menit dari Da Nang. Kota kecil tersebut terpelihara dengan baik.

Dulunya, Hoi An merupakan pelabuhan komersial internasional yang sibuk dari abad ke-16 hingga ke-19. Tepatnya ketika kapal-kapal dagang dari berbagai negara seperti India, Prancis, dan China akan lewat di sana.

Cara yang baik untuk menjelajahi Hoi An adalah dengan mengayuh sepeda secara perlahan, sehingga mudah untuk menemukan toko persewaan sepeda di sekitar kota.

Banyak hotel juga menawarkan layanan penyewaan sepeda gratis. Allegro Hoi An A Little Luxury Hotel & Spa, terletak dalam jarak 10 menit berjalan kaki dari landmark kota Tua.

Tempat dengan tampilan rumah bersejarah itu akan menawarkan penyewaan sepeda gratis, serta banyak layanan lainnya seperti penitipan bayi dan tur wisata sehari.

2. Gyeongju, Korea Selatan

Gyeongju di Provinsi Gyeongsang Utara adalah tujuan wisata sejarah dan budaya yang ramai. Tempat itu seperti kompleks makam kerajaan Daereungwon dan observatorium astronomi Cheomseongdae. Kota ini juga dikenal sebagai tujuan bersepeda yang sempurna karena dilengkapi dengan jalur sepeda dan infrastruktur lainnya.

Tak hanya bersepeda, lahan Select Gyeongju, sebuah hotel yang terletak di dalam Kompleks Wisata Bomun akan jadi rekomendasi tempat bermalam.

Hotel itu terletak tepat di tepi Danau Bomun yang menawarkan dengan pemandangan air menakjubkan.

Banyak toko persewaan sepeda dapat ditemukan di dalam kompleks wisata itu. Para tamu dapat dengan mudah menyewa sepeda untuk dikendarai di sepanjang danau.

4. Amsterdam, Belanda

Bersepeda adalah moda transportasi harian bagi banyak orang di Amsterdam. Karena kota ini sebagian besar datar dan dilengkapi dengan infrastruktur seperti jalur sepeda, wisatawan dapat menikmati bersepeda tanpa banyak kesulitan.

Wisatawan dapat merasakan suasana romantis Amsterdam dengan menyewa sepeda dan menyusuri kanal untuk mengunjungi tempat-tempat wisata utama, seperti Dam Square dan Museum Van Gogh.

Mereka yang mencari akomodasi yang menawarkan persewaan sepeda harus mempertimbangkan Kimpton De Witt Amsterdam, yang terletak di pusat kota.

Kota ini menawarkan aksesibilitas yang baik karena dekat Stasiun Pusat Amsterdam dekat.

4. Kyoto, Jepang

Kyoto dianggap sebagai salah satu kota terbaik di Asia untuk bersepeda, karena kota ini memiliki banyak atraksi untuk dinikmati dan jalanannya ditata dalam pola grid.

Wisatawan dapat dengan mudah menyewa sepeda, dan selalu ada ruang bagi mereka untuk memarkir sepeda di dekat tempat-tempat wisata utama, termasuk Kuil Kiyomizu-dera.

Wisatawan akan dapat melihat Kyoto yang sebenarnya saat mengayuh melalui jalan-jalan dan menemukan tradisi dan budaya Jepang yang unik di setiap sudut kota.

Hotel Mastay Jingumichi sangat direkomendasikan untuk bermalam. Hotel itu menyediakan akses mudah ke berbagai landmark bersejarah di Kyoto dalam jarak bersepeda dari hotel.

Anda bahkan dapat menyewa sepeda di hotel dengan biaya tambahan.

5. Jeju, Korea Selatan

Pulau Jeju, yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, perairan biru kehijauan dan pantai pasir putih, adalah tempat yang ideal untuk perjalanan bersepeda.

Jalur sepeda Jeju, yang membentang di sepanjang garis pantai, akan memungkinkan wisatawan untuk merasakan keindahan pulau dan angin laut yang sejuk.

Panjang keseluruhan jalur melingkar ini sekitar 234 kilometer, dan terdiri dari 10 rute.

Jeju sangat direkomendasikan untuk pelancong sepeda karena memiliki jalur khusus sepeda bernama Fantasy Bike Path.

6. Kaohsiung, Taiwan

Kaohsiung, kota pelabuhan yang terletak di bagian selatan Taiwan ini dicintai oleh para pelancong global dengan cuacanya yang hangat sepanjang tahun.

Sungai Ai, atau Sungai Cinta, adalah salah satu atraksi wisata utama Kaohsiung, dan sangat cocok bagi wisatawan sepeda untuk bersepeda.

Tempat ini sangat indah saat matahari terbenam dan ketika lampu warna-warni menyala di sepanjang sungai. Wilayah ramah sepeda ini menawarkan pemandangan malam yang menakjubkan.

Kaohsiung juga menawarkan berbagai atraksi, termasuk restoran dan kafe jalanan, serta distrik seni khusus yang penuh dengan pertunjukan dan seni.

7. Gili Trawangan, Indonesia

Di kawasan Bali, Indonesia terdiri dari tiga pulau kecil yaitu Gili Trawangan, Air dan Meno.

Dan yang paling terkenal adalah Gili Trawangan.

Gili Trawangan istimewa bukan hanya karena tempat yang paling lengkap di antara tiga pulau dengan infrastruktur wisatanya, termasuk akomodasi, restoran, dan fasilitas kenyamanan, tetapi juga karena memiliki berbagai pesona.

Pulau ini menawarkan kegiatan rekreasi dalam pengaturan alam murni yang terdiri dari laut biru dan pantai pasir putih.

Karena Gili Trawangan cukup kecil sehingga hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam untuk mengelilingi seluruh pulau dengan sepeda.

Perjalanan Anda akan menjadi lebih romantis dan santai jika menyewa sepeda dan bersepeda keliling pulau .

Sumber : Bisnis.com