Mirip Danau, Sudut Cantik Lereng Merapi Ini Ternyata di Kali Bebeng

Foto di Kali Bebeng wilayah Kemiren Srumbung Kabupaten Magelang yang dibagikan di akun INstagram merapi_uncover. - Ist/tangkapan layar
04 Agustus 2021 17:57 WIB Nina Atmasari Wisata Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Gunung Merapi menyimpan banyak sudut yang cantik di lerengnya. Di antara lekuk-lekuknya yang tersembunyi, menjadi incaran pencinta alam dan pemburu foto.

Salah satu sudut cantik baru saja ditampilkan oleh warganet di media sosial. Dalam foto-foto cantik ini tampak hamparan air dengan kemegahan Gunung Merapi di atasnya. Kawasan menyerupai danau ini dikelilingi oleh hutan nan hijau yang menambah elok pemandangan.

Foto tersebut ditemukan oleh pemilik akun @adhe930 yang kemudian dibagikan oleh akun instagram dan twitter @merapi_uncover.

Ada tiga foto yang menampilkan pemandangan eksotisme lereng Merapi tersebut. Tampak dari titik tersebut, puncak Gunung Merapi tampak jelas, yang didukung oleh cuaca cerah.

Tempat aku berfoto ini sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan sebuah tambang pasir dilereng Merapi tepatnya di Srumbung kab Magelang Jawa tengah tapi siapa sangka lokasi tambang ini sangat indah berpadu dengan gunung Merapi dan aliran lahar kali krasak berfoto disini berasa di Ranukumbolo gunung Semeru tapi disini versi Jawa tengah nya dengan latar belakang gunung Merapi..." tulis akun tersebut dalam captionnya.

Ketua Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) Jatmiko membenarkan lokasi tersebut berada di lereng Gunung Merapi, yakni merupakan bagian dari Sungai Bebeng. Lokasi tepatnya di Desa Kemiren, perbatasan dengan Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Lokasi foto tersebut merupakan sungai yang dulunya dijadikan tambang pasir. "Itu Kali Bebeng, dulu pernah jadi penambangan pasir, sekarang sudah tidak lagi," katanya, Rabu (4/8/2021).

Saat ini, sungai tersebut menjadi menjadi hamparan air luas yang menyerupai danau. Karena pernah dikeruk, maka genangan air itu menjadi dalam. "Sekarang jadi seperti danau, airnya jernih sekali," katanya.

Bahkan, saat ini sering ada warga yang mendatangi lokasi itu untuk berfoto-foto. "Sekarang ini sering ada yang datang untuk selfie-selfi," katanya.

Selain hamparan airnya, keistimewaan titik tersebut adalah pemandangan Gunung Marapi yang menjulang di hulu sungai. Menurut Jatmiko, titik tersebut berada 6 km dari puncak Merapi.

Karena bukan lokasi wisata, maka warga bisa menuju lokasi. Dari permukiman warga tertinggi, titik sungai tersebut berjarak sekitar 3 km. "Memang mudah dijangkau, karena ada jalannya sampai ke sana, untuk kendaraan roda dua dan empat bisa," katanya.