Ini 5 Museum Anjing Menakjubkan yang Layak Dikunjungi

Muse et Chiens du Saint/Bernard Martigny
10 Agustus 2021 22:57 WIB Janlika Putri Indah Sari Wisata Share :

Harianjogja.com, JAKARTA— Anjing adalah sahabat terbaik manusia. Manusia juga telah mengakui fakta tersebut dengan membuat museum yang didedikasikan untuk hewan menggonggong itu.

Museum-museum itu menampilkan beberapa pameran anjing yang patut dikunjungi. Museum anjing merupakan tempat yang sempurna bagi pecinta anjing.

Dilansir dari timesofindia, Selasa (10/8/2021) berikut beberapa museum anjing menakjubkan yang wajib di kunjungi :

1. Musée et Chiens du Saint-Bernard Martigny, Swiss

Musée et Chiens du Saint-Bernard Martigny atau Museum St. Bernard terletak di kaki Pegunungan Alpen Swiss. Bagi yang belum tahu, St. Bernard adalah anjing nasional Swiss. Museum ini didirikan pada tahun 2006 dan menceritakan sejarah anjing melalui pameran sastra dan seni yang ramah anak. Lantai dasar museum memiliki kandang yang terhubung ke area terbuka di mana kotoran St. Bernard dapat terlihat berkeliaran dengan bebas.

2. Museum of Dog North Adams, Massachusetts

Terletak di dalam bekas salon abad ke-19, Museum Anjing atau M.O.D memiliki koleksi mengagumkan. Ada sekitar 180 karya seni yang terinspirasi anjing. Dari gambar dan lukisan hingga patung dan foto, museum memiliki semuanya. Museum ini adalah rumah bagi beberapa lukisan terkenal karya William Wegman yang terkenal dan patung karya Mary Engel.

3. Foof, Mondragone, Italia

Foof adalah museum Eropa pertama yang didedikasikan untuk anjing. Ini juga berfungsi sebagai tempat perlindungan. Nama museum ini terinspirasi dari anjing masa kecil milik arsitek, yaitu Foof.

Museum mengundang orang untuk merayakan hubungan indah antara anjing dan manusia melalui seni. Pengunjung juga dapat mengadopsi anjing dari kandang di tempat. Museum ini juga menampilkan 120 kalung anjing unik yang berasal dari zaman Romawi kuno.

4. Dackelmuseum, Passau, Jerman

Dackelmuseum atau Museum Dachshund menampilkan lebih dari 4500 item yang merayakan dachshund. Trah anjing ini pertama kali dibiakkan di Jerman pada abad ke-17 dan menurut pendiri museum Josef Küblbeck dan Oliver Storz, museum ini memiliki koleksi perlengkapan anjing wiener terbesar di dunia.

5. Museum Anjing Akita, Jepang

Museum Anjing Akita, Jepang ini adalah satu-satunya museum yang didedikasikan untuk jenis anjing terkenal di Jepang, Akita Inu. Terletak di Odate, museum informatif ini dikelola oleh Masyarakat Pelestarian Anjing Akita. Museum ini memiliki pameran yang menguraikan peran penting anjing-anjing ini dalam sejarah Jepang.

Ada juga patung Akita yang terkenal bernama Hachiko, seekor anjing yang terkenal karena cinta sejatinya kepada pemiliknya dengan muncul di stasiun kereta api dan menunggunya kembali bahkan setelah kematiannya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia