Puas Menikmati Panorama Air Terjun Kedung Kandang, Waktunya Menyeruput Cokelat

Minuman cokelat ala Nglanggeran. - Instagram @griya.cokelat.nglanggeran
28 Agustus 2021 07:57 WIB Lajeng Padmaratri Wisata Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Tak hanya mengantongi koleksi foto berlatar air terjun berundak, wisatawan juga bisa membawa pulang oleh-oleh khas Nglanggeran saat berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang. Di sana, terdapat oleh-oleh bikinan warga setempat yaitu cokelat khas Nglanggeran.

Melansir laman gunungapipurba.com, berbagai olahan cokelat dikembangkan oleh warga setempat dan dipasarkan melalui Griya Cokelat Nglanggeran. Mulai dari dodol cokelat, bakpia cokelat, keripik pisang cokelat, kecipir cokelat, hingga variasi minuman cokelat.

Dodol cokelat ala Nglanggeran merupakan salah satu ikon Griya Cokelat. Jika pada umumnya dodol terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, garam, gula pasir, dan gula merah, maka berbeda dengan dodol ala Nglanggeran ini. Pembuatnya mengganti gula merah dengan bubuk cokelat murni sehingga citarasa cokelat pada dodol itu begitu terasa.

Selain itu, minuman cokelat juga menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Sebab, salah satu variannya ada yang memadukan bubuk cokelat dengan bubuk susu kambing etawa asli budi daya yaitu Chocomix-tawa.

Kini, warga setempat juga tengah merintis produk kecantikan yang menggunakan cokelat. Mereka membangun Griya Spa yang menggunakan scrub atau lulur mandi berbahan cokelat.

Harga produk cokelat di Griya Cokelat cukup terjangkau, dari kisaran Rp10.000 hingga Rp50.000. Kini, mereka juga telah menerima pemesanan daring bagi penikmat cokelat yang ingin mencicipi cokelat khas Nglanggeran itu.