Bromo dan Semeru Kembali Dibuka untuk Wisatawan, Ini Aturannya

Panorama Bromo. - bromotenggersemeru.org
08 September 2021 13:07 WIB Aliftya Amarilisya Wisata Share :

Harianjogja.com, SOLO - Kawasan wisara Gunung Bromo dan sekitarnya bakal kembali dibuka untuk pengunjung. Namun, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memberikan aturan kapasitas maksimal 25 persen dan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Adapun keputusan pembukaan objek wisata ini tertuang dalam surat pengumuman nomor PG.26/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2021.

Kendati demikian, kunjungan wisata tersebut hanya bisa dilakukan di site tertentu, yakni View Point Penanjakan dengan kuota maksimal 222 orang, Bukit Kedaluh dengan kuota 107 orang, dan Bukit Cinta dengan kuota 31 pengunjung per hari.

Baca juga: Tak Penuhi Syarat, Banyak Pengunjung Mal di Jogja Ditolak Masuk

Sementara itu, untuk area Gunung Bromo, Laut Pasir, Savana, dan Mentigen belum bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Lebih lanjut, guna mengantisipasi agar tidak terjadi kerumunan berlebih, pihak pengelola pun memberlakukan pembelian tiket secara online, yakni melalui situs bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Selanjutnya, Adapun pengunjung yang diperbolehkan masuk adalah mereka yang sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama.

Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi, mematuhi jumlah kuota penumpang kendaraan (5 orang dalam 1 jip dan 1 orang untuk ojek), serta menerapkan protokol kesehatan 5M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi mobilitas) dengan ketat.

Para wisatawan juga diharapkan dapat menjaga kebersihan, serta dilarang keras untuk membuang masker sembarangan.

Sumber : Bisnis.com